UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG

ROSIDI, IMAM (2011) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Bab I-V.doc

Download (524kB)
[img] Text
cover skripsi.doc

Download (103kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Upaya Guru Aqidah Akhlak, Kenakalan Siswa Penelitian membahas tentang Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah:1), Bagaimana Upaya Preventif Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di MTsN Karangrejo Tulungagung?. 2), Bagaimana Upaya Represif Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di MTsN Karangrejo Tulungagung ?. 3), Bagaimana Upaya Kuratif Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di MTsN Karangrejo Tulungagung ?. Metode penelitian: 1) Pola penelitian: pola deskriptis kualitatif. 4). Metode pengumpulan data: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. 5). Teknik analisis data: Reduksi Data, penyajian Data. Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Upaya preventif guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa diMTsN Karangrejo adalah Mengadakan kegiatan PHBI, Kegiatan pondok ramadhan, Istighosah, Monitoring. memberi pengetahuan dan bimbingan kepada siswa agar mau menghayati dan mengamalkan ajaran agama islam tentang akhlak,Upaya Represif guru aqidah akhak dalam mengatasi kenakalan siswa di MTsN Karangrejo adalah : Memberikan hukuman yang lebih kearah mendidik bukan menindas, memberikan tugas yang lebih banyak dari siswa lainnya.Upaya kuratif guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa di MTsN Karangrejo adalah ; Langkah penanganan secara umum berupa:Teguran dan nasehat dengan pendekatan akhlak. Memberikan perhatian khusus secara wajar kepada siswa yang bermasalah. Melakukan kerjasama dengan orang tua siswa yang bermasalah dalam mengatasi kenakalan tersebut Langkah penanganan secara khusus bagi siswa yang bermasalah dengan jalan melakukan pendekatan khusus perkasus secara individual serta bekerja sama dengan guru-guru lainnya dalam rangka memberikan pemecahan dan penyeleseian tentang mengatasi kenaklan siswa dan masalah-masalah yang dihadapinya. Apabila seraya sulit diatasi maka melakukan pertemuan dengan wali murid, untuk menekan seminimal mungkin pelanggaran disiplin anak, maka tata tertib terus disosialisasikan pada siswa melalui masing-masing wali kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Sep 2015 02:56
Last Modified: 28 Sep 2015 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item