STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU di MTsN ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

FITRIA, DEWI AFIDATUL (2011) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU di MTsN ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
skripsi dewi afidatul.doc

Download (626kB)
[img] Text
lampiran dewi.doc

Download (866kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Strategi Kepala Sekolah, meningkatkan, kinerja guru Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung”. Merupakan karya Dewi Afidatul Fitria dari penelitian lapangan di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Adapun latar belakang dari skripsi ini adalah; kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam mengembangkan lembaga pendidikan. Di zaman modern seperti sekarang ini ilmu pendidikan dan ilmu teknologi. Sebab dunia pendidikan selalu mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan perkembangan kehidupan masyarakat dan negara yang bersangkutan. Untuk menghadapi gejolak seperti ini, maka kepala sekolah dituntut untuk meningkatkan kinerja guru agar kepercayaan masyarakat tidak berubah, sehingga bisa menghasilkan yang baik sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam rangka mencapai mutu pendidikan, salah satu cara yang ditempuh adalah melalui peningkatan knerja guru, karena guru diakui atau tidak akan selalu menjadi unsur terpenting yang sangat menentukan berhasil tidaknya pendidikan. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki tugas dan wewenang penting dalam mencetak guru profesional maka dalam hal ini kepala sekolah harus memiliki visi, misi, maupun strategi dalam membawa siswa kearah prestasi yang lebih optimal serta mampu membawa siswa dalam mencapai prestasi yang lebih tinggi. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung?., 3) Bagaimana teknik kontroling terhadap strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung?. Dalam menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan karena data yang diperoleh peneliti bersifat pernyataan dan tafsiran. Adapun analisis data ini dengan cara menafsirkan data yang diperoleh dari observasi dan interview kemudian setelah data diperoleh maka peneliti menafsirkannya guna mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan, bahwa menurut kepala sekolah MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung sudah sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, hal ini bisa dilihat sebelum guru melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas, guru selalu membuat RPP (Rencana Program Pembelajaran), cara mengajar mereka sangat profesional, sehingga para siswa memberikan respon kepada mereka. Agar kinerja guru MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung bisa sesuai maka strategi yang digunakan kepala sekolah adalah: membiasakan disiplin waktu, memberikan motivasi, pemberian reward bagi guru yang memiliki prestasi baik dan membentuk MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Dan untuk meningkatkan kinerja guru tidak hanya dengan cara kedisiplinan, pemberian motivasi, pemberian reward, rapat tentang pembelaajran, akan tetapi lebih diupayakan dengan adanya sarana penunjang pembelajaran karena merupakan hal terpenting dalam proses belajar mengajar di dalam kelas baik lagi dan dapat mempermudah atau memperlancar pembelajaran. Dari permasalahan di atas setidaknya kepala sekolah bisa melaksanakan tugas dan menanganinya dengan baik dan mencetak sumber daya manusia yang profesional dengan cara selalu menumbuhkan kesadaran bagi diri tenaga guru serta memiliki visi, misi dan strategi dalam memanajemen sekolah yang dibawahinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2015 06:50
Last Modified: 25 Sep 2015 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item View Item