PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2010/2011

RAHAYU, ENDANG PUJI (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER-ABSTRAK.docx

Download (130kB)
[img] Text
JUDUL SKRIPSI.docx

Download (119kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pemahaman Konsep matematika, Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah Itu disebabkan, model pembelajaran dan modul pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga peserta didik cepat bosan dan pada akhirnya sebagian Peserta didik belum memahami konsep yang sudah diajarkan. Salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran matematika adalah menerapkan model pembelajaran SAVI. Permasalahan (1) Adakah Pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Bandung Tahun Ajaran 2010/2011? (2) Seberapa besar Pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Bandung Tahun Ajaran 2010/2011? Tujuan Penelitian (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Bandung Tahun Ajaran 2010/2011. (2). Untuk mengetahui seberapa besar model pembelajaran SAVI terhadap pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Bandung Tahun Ajaran 2010/201. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian true-eksperimental dengan pola Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Bandung tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 4 kelas. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok Eksperiment dan kelas VIII B sebangai kelompok kontrol. Metode dan Instrumen pengumpulan data (1). Tes, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data data yang diambil dari hasil posttest yang dianalisis dengan metode statistic menggunakan uji-t. Hasil Penelitian Penerapan model pembelajaran SAVI di kelompok Esperiment sangat membantu siswa dalam pembelajaran matematika. Karena dengan adanya penerapan model pembelajaran SAVI ini, siswa dapat lebih mudah memahami konsep yang abstrak dalam pembelajaran matematika. Sehingga model pembelajaran SAVI ini mampu membuat mata pelajaran matematika yang dianggab sulit dan menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta mampu dengan mudah diterima siswa. Sehingga ada pengaruh penerapan pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Bandung Tahun Ajaran 2010/2011 yaitu berdasarkan hasil analisa data terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelompok Esksperiment dan kelompok kontrol. Hal ini sesuai dengan perhitungan program SPSS 16.0 for Window yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test maupun perhitungan manual. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,000 < 0,025 atau t table = 2,00 < t hitung = 4,485, sedangkan hasil perhitungan dengan rumus atau secara manual menunjukkan bahwa ttabel (5% = 2,00) < thitung (4,478) Ini berarti nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel baik pada taraf 5%. maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2015 06:46
Last Modified: 25 Sep 2015 06:46
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item