Penerapan Metode Driil Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas V MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Fitri, Agus Zaenul (2014) Penerapan Metode Driil Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas V MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I,II,III,IV DAN V.docx

Download (636kB)
[img] Text
ABSTRAK LELI - Copy.doc

Download (53kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.docx

Download (34kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode Drill, Hasil Belajar, Bahasa Jawa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat, konsentrasi dan aktivitas siswa rendah dalam pembelajaran bahasa Jawa terutama pada materi membaca dan menulis aksara Jawa. Serta banyak siswa yang belum menguasai materi pelajaran membaca dan menulis aksara Jawa yang menjadikan penghambat untuk mencapai keberhasilan siswa dalam pelajaran tersebut. Kenyataan sekarang ini, masih ada sebagian besar siswa yang menganggap bahwa pelajaran Bahasa Jawa dalam materi membaca dan menulis aksara Jawa menjenuhkan, sehingga membuat minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa jawa ini kurang antusias dalam mempelajarinya. Hal ini erat kaitannya dengan cara yang diterapkan guru dalam menyampaikan materi, menggunakan metode yang cocok untuk siswa. Salah satu metode yang ditawarkan oleh peneliti adalah menggunakan metode drill, alasanya yaitu agar metode drill ini dapat membuat siswa berlatih dalam membaca dan menulis aksara Jawa sehingga siswa memperoleh penguasaan dan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa dan dengan menggunakan metode drill ini akan lebih tertanam pribadi anak. Berdasarkan hal tersebut diharapkan siswa mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode drill pada pembelajaran Bahasa Jawa materi membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas V MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung?. (2) Bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar bahasa jawa materi membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas V MI Jati Salam Gombang Pakel? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1). Untuk mendeskripsikan penerapan metode drill pada pembelajaran Bahasa Jawa materi membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas V MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa materi membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas V MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc.Taggart. dimana dalam pelaksanaan tindakan Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesuadah tindakan. Jenis metode yang digunakan dalam pengumpulan data disesuailkan dengan sifat penelitian yan dilakukan. Metode-metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data tersebut adalah tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penggunaan metode drill yang divariasikan dalam pembelajaran materi aksara Jawa berhasil diterapkan dalam pembelajaran. Penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar berupa keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengamatan terhadap keterampilan membaca aksara Jawa siswa selama pembelajaran dari siklus I sampai siklus III. Hasil belajar berupa keterampilan membaca aksara Jawa pada siklus I memperoleh rata-rata 65,27 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55,%. Pada siklus II meningkat dengan memperoleh rata-rata 73,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70%. Pada siklus III juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata nilai 81,2 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%. Penerapan metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar berupa keterampilan menulis aksara Jawa siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengamatan terhadap keterampilan menulis aksara Jawa siswa selama pembelajaran dari siklus I sampai siklus III. Hasil belajar berupa keterampilan menulis aksara Jawa pada siklus I memperoleh rata-rata 59,03 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada siklus II meningkat dengan memperoleh rata-rata 65,43 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70%. Dan pada siklus III juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata nilai 72,9, dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%. Penerapan motode Drill dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran dari siklus I sampai dengan siklus III. Skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 20,3 dengan kriteria baik. Pada siklus II skor aktivitas siswa adalah 23 dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus III skor aktivitas siswa adalah 26,4 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode driil dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung mengalami peningkatan. Dengan kata lain penggunaan metode belajar yang sesuai akan membantu meningkatkan proses dan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 01:37
Last Modified: 02 Dec 2014 01:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item