PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMPN I SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG 2011/2012

ANGGRAINI, SILVIA NOFA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMPN I SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
SILVIA NOFA ANGGRAINI (3214073066).pdf

Download (6MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memberikan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataanya matematika justru dianggap sebagai momok yang sangat menakutkan bagi siswa. Berawal dari permasalahan itu maka perlu adanya perubahan dalam pembelajaran sehingga asumsi buruk tentang matematika sedikit demi sedikit akan hilang. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Salah satu metode pembelajaran yang dianggap bisa meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Pendekatan pembelajaran ini diyakini sesuai dengan karakter siswa kelas VII G SMPN I Sumbergempol Tulungagung karena dalam pembelajaran ini menggunakan alat bantu peraga matematika yaitu jaring-jaring bangun datar persegi dan persegi panjang dalam memahami konsep bangun tersebut.serta adannya kuis dan hadiah menarik yang membuat siswa menjadi semangat untuk belajar aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah menjadi yang terbaik. Rumusan masalah dari model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving) ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving) untuk meningkatkan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas VII SMPN I sumbergempol Tulungagung. Penerapan model pendekatan ini dilaksanakan dengan tujuan: Untuk mengetahui hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah (problem solving) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun datar persegi dan persegi panjang di kelas VII G SMPN I Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas(PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang mana dalam satu siklus dibagi menjadi dua kali pertemuan. Dalam satu siklus ada empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,, wawancara dan test. Metode observasi diperoleh data untuk mengamati sejauh mana model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving) diterapkan selama penelitian. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui pengetahuan siswa dan untuk interaksi antar guru dan siswa selama pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah (Problem solving). Dari pretes diperoleh rata-rata 60,26 dan untuk selanjutnya xiv digunakan untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa dalam materi bangun datar, sehingga dari nilai tersebut dapat dilihat hasil peningkatan belajarnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Penelitian Tindak Kelas (PTK). Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah : (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap pelaksanaan tindakaan, (3) Tahap observasi, dan (4) Tahap Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Tahap awal, appersepsi dan motivasi, (2) Tahap inti, guru melakukan demonstrasi dengan benar, menyajikannya setahap demi setahap langkah-langkah penyelesaian masalah dan mengadakan permainan kuis, (3) Tahap akhir, penegasan hasil belajar dan postest. Peningkatan belajar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari test awal pra tindakan dengan skor nilai ketuntasan 34,22 % dan setelah adanya model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving) mencapai nilai ketuntasan 52,63% untuk test siklus I dan 84,21 % untuk test siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa hasil belajar bangun datar pada siswa kelas VII SMPN I Sumbergempol Tulungagung akan bisa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 03:46
Last Modified: 21 Sep 2015 03:46
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item