PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 PONGGOK BLITAR

TUBANA, AYU SRI (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (105kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (30kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (141kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dalam masyarakat memperlihatkan bahwa secara umum pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah sekarng ini belum memuaskan banyak pihak, dan bahkan dinilai gagal karena Pendidikan Agama Islam dinilai masih terkesan berorientasi pada pengajaran agama yang bersifat hafalan dan kurang berorientasi pada aspek pengamalan ajaran agama. Akibatnya perilaku siswa banyak yang menyimpang dari akhlak mulia. Berkisar pada masalah pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku siswa maka dalam skripsi ini akan saya bahas dengan berusaha menghubungkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku siswa. Permasalahan: 1. Bagaimana deskripsi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 01 Ponggok Blitar? 2. Bagaimana deskripsi perilaku siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar? 3. Bagaimana pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku untuk keagamaan siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar? 4. Bagaimana pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku sosial siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar? 5. Bagaimana pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku siswa untuk diri sendiri di SMPN 1 Ponggok Blitar? 6. Bagaimana pengaruh secara keseluruhan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan, perilaku sosial dan perilaku terhadap diri sendiri siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar? Tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahui deskripsi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ponggok Blitar. 2. Untuk mengetahui deskripsi perilaku siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar. 3. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku untuk keagamaan siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar. 4. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku sosial siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar. 5. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku siswa untuk diri sendiri di SMPN 1 Ponggok Blitar. 6.Untuk mengetahui pengaruh secara keseluruhan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan, perilaku sosial dan perilaku terhadap diri sendiri siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar. Pola penelitian:1. Penelitian Kuantitatif, 2. Penelitian Korelatif, 3.Penelitian Deskriptif. Populasi: Semua siswa SMPN 1 Ponggok Blitar tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 303 siswa. Sampling: Proporsionate stratified random sampling. Sampel: 75 siswa. Variabel Peneletian: 1.Variabel Bebas: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.2. variabel terikat : perilaku siswa. Pengukuran Variabel: perilaku siswa dengan menggunakan angket. Sumber Data: responden, dan dokumentasi. Metode Pengumpulan Data : Metode angket, observasi, interview, dokumentasi. Teknik Analisis Data: Menggunakan analisis deskriptif, uji hipotesis dan metode induktif dengan bantuan statistic melalui rumus Mean dan Korelasi Product-Moment. Hasil Penelitian: 1. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ponggok Blitar sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 35,98 dengan kriteria “Tinggi”.2. Dari perilaku siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar terdiri dari tiga kesimpulan berdasarkan pengambilan angket: a) perilaku keagamaan di SMPN 1 Ponggok Blitar sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 85,01. Nilai ini termasuk kriteria “Tinggi”.b) Perilaku sosial siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 83,4. Nilai ini termasuk kriteria “Tinggi”.c) Perilaku pada diri sendiri di SMPN 1 Ponggok Blitar sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 25,36. Nilai ini termasuk kriteria “Tinggi”.3. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku keagamaan di SMPN 1 Ponggok Blitar dalam kategori “Sangat rendah”. 4. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku sosial siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar dalam kategori “Sangat tinggi”.5. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku siswa pada diri sendiri di SMPN 1 Ponggok Blitar dalam kategori “Sangat rendah”.6. Ada korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku keagamaan, perilaku sosial, dan perilaku pada diri sendiri di SMPN 1 Ponggok Blitar dalam kategori “Sangat rendah”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 03:10
Last Modified: 21 Sep 2015 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item