UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI MTs WALISONGO BESUKI TULUNGAGUNG

MAHFUDIN, ARIF (2011) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI MTs WALISONGO BESUKI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
skripsi Arif M asli.doc

Download (4MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan islam pada masa kini yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat diantaranya, maraknya berbagai macam teknologi yang semakin canggih yang tidak secara langsung dapat mempengaruhi perkembangan mental dan pola pikir manusia. Dalam menghadapi tantangan tersebut, di MTs Walisongo Besuki Tulungagung seorang guru khususnya guru Al-Quran Hadits harus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberi dorongan atau motivasi kepada siswa untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti membaca Al-Qu’ran selain itu harus benar-benar menguasai metode pembelajaran yang tepat dan akurat sehingga menghasilkan prestasi belajar yang baik. Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an melalui pembelajaran di MTs Walisongo Besuki Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an melalui pembiasaan di MTs Walisongo Besuki Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an melalui reinforcement di MTs Walisongo Besuki Tulungagung?. Skripsi ini sangat bermanfaat bagi penulis untuk menambah pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi MTs Walisongo Besuki Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi lalu dianalisis secara induktif. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) Adapun Upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an melalui kegiatan pembelajaran di MTs Walisongo Besuki Tulungagung meliputi metode pembelajaran diantaranya metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode latihan (drill). (2) Selain melalui kegiatan pembelajaran juga menerapkan suatu tindakan pembiasaan. (3) Upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di MTs Walisongo Besuki Tulungagung melalui reinforcement, yaitu pemberian hukuman, serta pemberian pujian dan hadiah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 02:15
Last Modified: 21 Sep 2015 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item