PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG

WASIMAH, FARIDATUL (2011) PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
@bab1.doc

Download (95kB)
[img] Text
@bab2.doc

Download (181kB)
[img] Text
@bab3.doc

Download (211kB)
[img] Text
@bab4.doc

Download (603kB)
[img] Text
@bab5.doc

Download (36kB)
[img] Text
cover.docx

Download (246kB)
[img] Text
rujukan.doc

Download (41kB)
[img] Text
depan.doc

Download (172kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kinerja guru adalah kemampuan kerja guru yang ditampilkan dalam kegiatan proses belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Kinerja guru yang tinggi atau rendah dapat terlihat dari kualitas hasil pembelajaran yakni prestasi belajar siswa. Apalagi untuk mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh siswa, yaitu matematika, maka kinerja guru yang tinggi sangat diperlukan agar meningkatkan sikap dan motivasi belajar siswa yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Meningkatnya kualitas pembelajaran, akan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar matematika di SMP Islam Sunan Gunung jati Ngunut Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar matematika di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Pola penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kinerja guru, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Islam Sunan Gunung Jati yang berjumlah 601 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yaitu teknik penentuan sampel apabila populasinya mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 235 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi product moment. Dari hasil penelitian (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar matematika di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung, yaitu dengan nilai r hitung (re) lebih besar dari r table (rt) baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%, ditunjukkan oleh nilai re = 0,28 yang lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5% = 0,138 dan 1% = 0,181; Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar matematika di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung, artinya semakin semakin baik kinerja yang dilakukan oleh guru, maka akan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa secara signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 02:07
Last Modified: 21 Sep 2015 02:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item View Item