Metode Usmani Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Quran Siswa Kelas II Ula A di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Kota Blitar

Muawanah, Elfi (2014) Metode Usmani Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Quran Siswa Kelas II Ula A di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Kota Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 1-5 DAN LAMPIRAN.docx

Download (815kB)
[img] Text
COVER DAN bagian depan Skripsi.docx

Download (76kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Metode Usmani, Kompetensi Membaca Al-Quran Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya kalangan masyarakat kita yang belum mengenal huruf arab (huruf hijaiyah). Walaupun mempunyai kemampuan dalam membaca, masih banyak masyarakat yang minim kemampuannya dalam membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah tajwid secara benar. Permasalahan tersebut bukan hanya menimpa para siswa pelajar, tetapi berbagai kalangan. Dari mulai anak- anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Dihadapkan dengan permasalahan tersebut, terdapat pembelajaran Al-Quran dengan menerapkan metode usmani yang dapat meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran. Dimana dalam metode usmani menggabungkan tiga metode yaitu metode riwayah, metode diroyah dan metode praktis. Metode usmani menjadikan pembelajaran yang praktis dan mudah sehingga materi yang disampaikan mudah diterima dari berbagai kalangan masyarakat. Sehingga metode usmani bisa digunakan guru pengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran Al-Quran khususnya meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran. Dalam hal ini peneliti mengangkat sebuah judul metode usmani dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran siswa kelas II Ula A di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Kota Blitar. Fokus Penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana perencanaan metode usmani dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran siswa kelas II Ula A di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Kota Blitar?; 2. Bagaimana penerapan metode usmani dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran siswa kelas II Ula A di Madrasah Diniyah Nurul Ulum?; 3. Apa faktor pendukung dan penghambat metode usmani dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran siswa kelas II Ula A di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Kota Blitar? Kegunaan hasil penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1. Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan, hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khazanah keilmuan bidang pembelajaran Al-Quran, khususnya dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran. 2. Bagi guru, hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk meningkatkan proses pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran. 3. Bagi siswa, hasil penelitian ini bisa memberikan wawasan tentang meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran dengan metode usmani. 4. Bagi peneliti yang akan datang, hasil penelitian ini daharapkan bisa menjadikan pijakan dalam perumusan desain penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan lebih komprehensif khususnya yang berkenaan dengan penelitian mengenai metode usmani dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran Al-Quran dengan menerapkan metode usmani dan data tentang kompetensi membaca Al-Quran siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana- prasarana, dokumen Madrasah Diniyah Nurul Ulum dan data nilai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode usmani dapat meningkatkan kompetensi membaca Al-Quran siswa kelas II Ula A di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Kota Blitar. Dengan adanya 1) Dalam perencanaan metode usmani memilih tekhnik secara tepat. Yaitu dengan guru memilih tekhnik Klasikal Baca Simak Murni. 2) Penerapan metode usmani dengan menerapkan bagi guru mengajar dan bagi siswa, menerapkan tekhnik mengajar (KBSM), menerapkan nalaran surat pendek, tajwid dan makhrijul huruf sesuai jadwal yang ditentukan, menerapkan target hafalan setiap kali pertemuan, evaluasinya dengan Tanya-jawab, tugas dan tashih. 3) Faktor pendukung metode usmani dengan menciptakan pembelajaran yang menarik, memberi motivasi, guru berpediman buku (PGPQ), kelas memadai, dan adanya prota, promes, silabus dan rpp. Faktor penghambat metode usmani dengan jumlah siswa yang banyak sedangkan terbatasnya proses pembelajaran, kelas tidak memadai, pergantian kelas yang tidak ada pemberitahuan sebelumnya, kondisi pembelajaran ramai, dan tidak menariknya guru dalam mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 01:28
Last Modified: 02 Dec 2014 01:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item