STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR

SITI MUFIDATUR ROSYIDAH, 12201173340 (2021) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DARTAR ISI.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur'an Hadits Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar” ini ditulis oleh Siti Mufidatur Rosyidah, NIM. 12201173340, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agam Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: H. Muh. Nurul Huda, M.A Kata Kunci: Strategi Guru Al-Qur’an Hadits,Motivasi Belajar Mengingat betapa pentingnya sebuah motivasi dalam kegiatan pembelajaran, kiranya perlu ada perhatian khusus terhadap motivasi yang dimiliki oleh peserta didik, sehingga guru harus benar-benar memahami motivasi belajar yang dimiliki siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkannya, harus ada tindak lanjut dari guru apabila motivasi belajar siswanya rendah, dengan menggunakan strategi yang tepat, karena guru dituntut harus mampu mendorong atau memotivasi siswanya agar siswa bisa belajar dengan baik dan mampu menghasilkan prestasi belajar yang baik pula. Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana strategi ekspositorik pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar?, 2) Bagaimana strategi heuristik pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar?, 3) Bagaimana strategi reflektif pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar?. Adapun menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Memaparkan strategi ekspositorik pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar, (2) Memaparkan strategi heuristik pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar, (3) Memaparkan strategi reflektif pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus, lokasi penelitiannya di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar, teknik pengumpulan data yang digunakan: 1) observasi partisipan, 2) wawancara mendalam, 3) dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1)Strategi ekspositorik pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar, dengan jalan menyiapkan segala kesiapan materi, pemahaman karakter peserta didik dan pengkondisian kelas. Penekanan materi melalui metode ceramah dan tanya jawab. Dengan memberikan suatu perhatian terhadap mereka itu juga yang menumbuhkan atensi yang tinggi memberikan contoh yang baik atau tauladan kepada peserta didik.2) Strategi heuristik pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar dengan jalan penyampaian bahan pengajaran dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk belajar mengembangkan potensi intelektualnya dalam jalinan kegiatan yang disusunnya sendiri untuk menemukan sesuatu sebagai jawaban yang meyakinkan terhadap permasalahan yang dihadapkan kepadanya melalui proses pelacakan data dan informasi serta pemikiran yang logis, kritis dan sistematis. Pelaksanaannya diawali dengan adanya apersepsi dan memberikan arahan akan maksud dari tujuan. Muncul suatu permasalahan baru yang berfungsi untuk saling tukarpendapat atau sharing antar peserta didik atau guru dengan peserta didik.3) Strategi reflektif pembelajaran guru Al-Qur'an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar yang dilakukan dengan jalan: a) guru membawa pengalaman yang berbeda-beda ke dalam pembelajaran, sehingga pengalaman-pengalaman yang diperoleh peserta didik akan membentuk pengetahuan tentang diri mereka, b) membantu peserta didik memahami materi berdasarkan pengalaman yang dimiliki sehingga mereka memiliki kemampuan menganalisis pengalaman pribadi dalam menjelaskan materi yang dipelajari, c) kualitas tugas yang diberikan gurumenuntut pelibatan proses berpikir, serta evaluasi, d) guru Al-Qur'an Hadits mengkondisikan siswa pada lingkungan belajar meliputi fasilitator agenda pelaksanaan, ruang dan waktu pelaksanaan, dengan adanya lingkungan belajar yang mendukung, motivasi belajar peserta didik akan dapat meningkat dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173340 SITI MUFIDATUR ROSYIDAH
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:30
Last Modified: 02 Nov 2021 01:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22895

Actions (login required)

View Item View Item