PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS AUDIO VISUAL BERBANTUAN APLIKASI POWTOON

ANIS MUYASSAROH, 12212173010 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS AUDIO VISUAL BERBANTUAN APLIKASI POWTOON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (367kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Audio Visual Berbantuan Aplikasi Powtoon” ini ditulis oleh Anis Muyassaroh, NIM. 12212173010, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd Kata kunci: Pengembangan, larutan elektrolit dan nonelektrolit, powtoon Miskonsepsi dan kesulitan dalam mempelajari materi larutan elektrolit dan nonelektrolit banyak dialami oleh peserta didik karena materi ini mencangkup pengetahuan konseptual, faktual, dan prosedural, selain itu materi ini juga memiliki karakterisktik submikroskopik, sehingga mengharuskan peserta didik memiliki tingkat pemahaman konsep yang tepat. Maka, diperlukan media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan materi tersebut serta meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual berbantuan aplikasi powtoon. Aplikasi powtoon yang mudah digunakan namun memiliki animasi yang menarik dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya dibatasi pada tahap ketiga karena keterbatasan waktu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara untuk mengetahui analisis pengembangan produk, lembar validasi ahli untuk menguji kevalidan produk dan angket untuk mengetahui respon peserta didik kelas X MAN 2 Tulungagung sebanyak 36 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kualitatif dari hasil wawancara, dan analisis data kuantitatif dari validasi ahli dan angket respon peserta didik dengan cara menghitung persentase rata-ratanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi terhadap media pembelajaran larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis audio visual berbantuan aplikasi powtoon memperoleh nilai rerata persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi ahli media menunjukkan rerata persentase sebesar 95,7% dengan kategori sangat baik. Sedangkan respon peserta didik pada uji coba terbatas terhadap media pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan nilai rerata persentasi 82,08% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut media yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran serta dapat digunakan sebagai acuan atau data pendukung pengembangan media pembelajaran sejenis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Fisika > Molekul
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S.Pd. 12212173010 ANIS MUYASSAROH
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:35
Last Modified: 22 Oct 2021 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item View Item