STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK DI SDN MARGOMULYO 1 NGAWI

LAILA PUSPITASARI ISTIHANUL AZZA, 12201173245 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK DI SDN MARGOMULYO 1 NGAWI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur’an bagi Peserta Didik di SDN Margomulyo 1 Ngawi” ini ditulis oleh Laila Puspitasari Istihanul Azza, NIM. 12201173245, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar Al-Qur’an Banyak sekali peserta didik di tingkat sekolah dasar yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. Banyak factor yang mempengaruhi minat belajar mereka tentang baca tulis Al-Qur’an. Faktor faktor tersebut terbagi dapat dibagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal seperti halnya kurangnya minat peserta didik dan motivasinya dalam mempelajari Al-Qur’an. Kemudian factor eksternalnya seperti kurangnya perhatian dari orang tua, kurangnya dukungan dari orang tua, hingga factor lingkungan sekitar yang masih jauh dari kegiatan-kegiatan keagamaan. Untuk mengatasi hal tersebut, guru harus mempunyai strategi pembelajaran yang baik. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Margomulyo 1 Ngawi dalam hal mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an peserta didik mempunyai strategi (menerapkan) media belajar seperti LCD proyektor maupun whatsapp. Selain itu, strategi lain yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam adalah mengadakan dan melakukan kegiatan ekstrakulikuler membaca Al-Qur’an di luar jam pelajaran formal. Strategi ini telah diterapkan cukup lama, hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menggali data dan melakukan penelitian di lokasi ini. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru PAI dalam merencanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an bagi peserta didik kelas IV di SDN Margomulyo 1 Ngawi?, (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an bagi peserta didik kelas IV di SDN Margomulyo 1 Ngawi?, dan (3) Bagaimana evaluasi strategi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an bagi peserta didik kelas IV di SDN Margomulyo 1 Ngawi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meneningkatkan kecermatan dalam penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian: (1) Perencanaan pembelajaran dalam hal mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an oleh guru PAI di SDN Margomulyo 1 Ngawidilakukan dengan cara: a) Guru merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu dengan mempermudah peserta didik dalam menyerap materi b) Strategi yang digunakan yaitu dengan menggunakan LCD proyektor dan video pembelajaran yang dikirimkan melalui pesan whatsapp c) Menggunakan buku-buku penunjang dari Kemenag d) Sumber daya yang mendukung, seperti guru dan peserta didik. (2) Pelaksanaan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an oleh guru PAI dilakukan dengan: a) Menggunakan metode tarsana b) Menggunakan metode iqra’. (3) Strategi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran ini dilakukan dengan: a) Metode tes membaca Al-Qur’an b) Metode menulis ayat Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173245 LAILA PUSPITASARI ISTIHANUL AZZA
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:23
Last Modified: 18 Oct 2021 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22846

Actions (login required)

View Item View Item