PENGARUH TEKNIK BRAIN GYM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SITI ZAINAB, 12205173266 (2021) PENGARUH TEKNIK BRAIN GYM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Matapelajaran Matematika di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Zainab, NIM 12205173266, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd., Kata kunci: Brain Gym, Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa karena sebagian besar siswa akan merasa bosan jika terus-menerus belajar tanpa diselingi permainan ataupun sesuatu yang bisa mengembalikan semangat belajar siswa. sehingga siswa bisa konsentrasi kembali dalam dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan mengajarkan teknik Brain Gym disela-sela pembelajaran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah terdapat pengaruh teknik Brain Gym terhadap konsentrasi belajar siswa di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?, (2) Apakah terdapat pengaruh teknik Brain Gym terhadap hasil belajar siswa di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?, (3) Apakah terdapat pengaruh teknik Brain Gym terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik brain gym terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimental design, teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung dengan jumlah 105 siswa, sampel yang diambil adalah siswa kelas Daud dengan jumlah 26 siswa dan kelas Sulaiman dengan jumlah 26 siswa di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar diperoleh rata-rata nilai angket kelas eksperimen lebih besar dari nilai angket kelas kontrol yaitu 44,73 > 38,27 dan hasil uji manova angket konsentrasi belajar diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,003 <0,05 sehinggaH_o ditolak danH_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan teknik brain gym terhadap konsentrasi belajar siswa di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, (2) Hasil pengaruh brain gym terhadap hasil belajar diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih besar dari nilai post test kelas kontrol yaitu 81,15 > 70,76 dan hasil uji manova nilai post test diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehinggaH_o ditolak danH_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan teknik brain gym terhadap hasil belajar siswa di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, (3) Hasil pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar yaitu angket konsentrasi dan post test dengan uji manova diperoleh diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehinggaH_o ditolak danH_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan teknik brain gym terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika teknik brain gym digunakan dalam pembelajaran, maka konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173266 SITI ZAINAB
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:14
Last Modified: 18 Oct 2021 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22817

Actions (login required)

View Item View Item