STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 PAPAR KEDIRI

LELY INAYATI, 17201163444 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 PAPAR KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius pada Peserta Didik di SMAN 1 Papar Kediri”. Ini ditulis oleh Lely Inayati, NIM. 17201163444, Pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah, S. Ag., M. Pd. Kata kunci : Strategi Guru, Penanaman, Karakter Religius Konteks penelitian ini didasari oleh pentingnya ketepatan penerapan strategi guru dalam menanamkan karakter religius, agar tingkat ketauhidan peserta didik sampai pada tahap keyakinan, pengetahuan agama dan praktik agama. Oleh karena itu guru dituntut menerapkan strategi yang tepat untuk digunakan, sehingga akan mencapai hasil yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan program guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik?, (2) Bagaimana pelaksanaan program guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik?, (3) Bagimana evaluasi program guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan perencanaan program guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik, (3) untuk mendeskripsikan evaluasi program guru pendidikan agam Islam dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Hubarman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data, perpanjang pengamatan, dan ketekunan/keajegan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan program guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik. (a) perencanaan program di dalam kelas dengan menyusun RPP, (b) perencanaan program di luar kelas dengan menyusun jadwal kegiatan ekstrakulikuler, dan kegiatan insidental, (2) Pelaksanaan program guru dalam menanamkan karakter religius aspek tauhid, ibadah dan akhlak peserta didik (a) pelaksanaan program di dalam kelas melalui metode ceramah, metode drill, didukung dengan pemanfaatan media audio visual dan media cetak. Yang bertujuan untuk meningkatkan tauhid, tekun melaksanakan ibadah serta peserta didik yang berakhlakul karimah. Diimbangi dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru. Dari segi peserta didik sebelum dimulai pembelajaran harus siap secara fisik maupun psikisnya. (b) pelaksanaan program di luar kelas dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler berupa hadrah dan sholat dhuhur, ashar dan jum’at berjamaah. Selain itu juga mengadakan kegiatan insidental berupa peringatan Maulid Nabi Muhammad, Isra’mi’raj serta pondok ramadhan. Selanjutnya yang mendasari penanaman karakter religius ini yaitu penegakkan tata tertib sekolah yang berlaku. (3) evaluasi program guru dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik (a) evaluasi program di dalam kelas melalui evaluasi formatif dan sumatif. (b) evaluasi program di luar kelas dengan melakukan evaluasi keberhasilan pencapaian setiap kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan insidental.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12402173300 Anas Dharmawan
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:57
Last Modified: 18 Oct 2021 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22811

Actions (login required)

View Item View Item