STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PULOTONDO NGUNUT TULUNGAGUNG

NANDA RASMI AGISTI, 17206163031 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PULOTONDO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Nanda Rasmi Agisti NIM:17206163031, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag.,M.Pd Kata Kunci : Strategi Guru, Kemampuan Kognitif Latar belakang masalah : Kemampuan kognitif sangat diperlukan dalam pendidikan karena merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan peserta didik, sehingga perkembangan kognitif sangat menentukan keberhasilan dan pemahaman anak di sekolah. Perkembangan kognitif bertujuan agar anak mampu mengolah hasil belajarnya, menentukan macam-macam alternative pemecahan masalah, mengembangkan kemampuan logika matematika dan persiapan pengembangan berpikir. Mengingat pentingnya perkembangan kognitif pada anak usia dini, maka peneliti terdorong untuk melakukan penelitian guna mengetahui stategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana cara guru TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo dalam mengembangkan kemampuan berhitung? (2) Bagaimana cara guru TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah ? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan cara guru TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo dalam mengembangkan kemampuan berhitung (2) untuk mendeskripsikan cara guru TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data di peroleh dari tiga sumber yaitu orang, dokumen data dan peristiwa melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis deskriptif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik kepercayaan yaitu triangulasisumber,memperpanjang keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) cara guru TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo dalam mengembangkan kemampuan berhitung menggunakan a) metode bermain dengan tutup botol angka dan balok angka untuk mengenalkan angka; b) metode tanya jawab untuk mengetahui pemahaman anak tentang penjumlahan dan pengurangan; c) metode demonstrasi untuk mencontohkan cara berhitung menggunakan jari;d) metode pemberian tugas tentang penjumlahan danpengurangan untuk dikerjakan anak;dan e) pemberian materi tambahan tentang berhitung dan menulis sepulang sekolah untuk mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan selanjutnya (2) cara guru TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah menggunakan a) metode bercerita dan tanya jawab untuk mengetahui seberapa paham anak dengan materi yang di sampaikan; b) metode diskusi untuk mengasah pemahaman anak; c) metode pemberian tugas untuk di kerjakan dan mengetahui anak bisa atau tidak mengerjakan tugas; dan d) pemberian dorongan motivasi agar anak berani melakukan hal baru dan mampu mencari solusi dari masalahnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163031 NANDA RASMI AGISTI
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:19
Last Modified: 13 Oct 2021 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22758

Actions (login required)

View Item View Item