PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, PEMBIAYAAN MUSYARAKAH, PEMBIAYAAN IJARAH, DAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK MUAMALAT INDONESIA (Periode 2013-2020)

LINDA WAHYUNI, 12401173465 (2021) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, PEMBIAYAAN MUSYARAKAH, PEMBIAYAAN IJARAH, DAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK MUAMALAT INDONESIA (Periode 2013-2020). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Murabahah dan Ijarah terhadap Profitabilitas pada Bank Muamalat Indonesia ” ini ditulis oleh Linda Wahyuni , Nomor Induk Mahasiswa (NIM) 12401173465, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dengan pembimbing skripsi Dr. Hj Nur Aini Latifah, SE.,M.M. Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya tingkat Profitabilitas yaitu Retrun on Asset dalam sebuah Bank, yang dapat di pengaruhi oleh adanya Mudharabah, Musyarakah, Ijarah. Perkembangan kegiatan perbankan di Indonesia semakin pesat, tidak hanya pada perbankan konvensional melaikan juga pada perbankan syariah. Dalam satu dekade terakhir perkembangan perbankan konvensional mulai disaingi dengan adanya perbankan syariah. Salah satu perbankan syariah yang mengalami perkembangan yang cukup pesat adalah Bank Muamalat Indonesia. Berdasarkan data dari laporan publikasi triwulan Bank Muamalat Indonesia pada 7 tahun terakhir 201 3-2020 menunjukkan bahwa produk pembiayaan mudharabah, pembiayaan musyarakah, pembiayaan sewa/ijarah dan pembiayaan murabahah pada Bank Muamalat Indonesia mengalami fluktuasi setiap tahunnya sampai dengan saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang bersifat asosiatif dengan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank Muamalat Indonesia tahun 201 3 – 2020. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen laporan keuangan bank muamalat Indonesia yang telah di publikasikan Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi (R) hasil ini diuji menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pembiayaan mudharabah, pembiayaan Ijarah,pembiayaan Murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas, dan untuk pembiayaan Musyarakah berpengaruh Negative dikarenakan pihak bank ikut menanggung kerugian yang dialami. Sedangkan secara simultan atau bersama-sama variabel pembiayaan mudharabah, Pembiayaan Musyarakah, Sewa/Ijarah, dan Murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia. Kata kunci : Pembiayaan Ijarah, Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah, Pembiayaan Murabahah dan Pembiayaan Profitabilitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173465 LINDA WAHYUNI
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:59
Last Modified: 04 Oct 2021 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22582

Actions (login required)

View Item View Item