ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SYARIAH DI KAMPUNG BUBUR BLITAR (Studi Wisata Edukasi Kademangan Blitar)

NAILA ALFIYATUN NIKMAH, 17402153336 (2021) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SYARIAH DI KAMPUNG BUBUR BLITAR (Studi Wisata Edukasi Kademangan Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul Analisis Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah di Kampung Bubur Blitar (Studi Pariwisata Pendidikan Kademangan di Kabupaten Blitar) ini ditulis oleh Naila Alfiyatun Nikmah, Departemen Ekonomi Syariah, NIM. 17402153336, Penasihat Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE., MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Masalah Sumber Daya Manusia yang menjadi sorotan dan landasan bagi organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, keberlanjutan suatu organisasi tidak dapat dipisahkan dari peran manajemen yang baik untuk menghasilkan suatu organisasi sesuai dengan harapan dan tujuan organisasi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan manajemen sumber daya manusia berbasis syariah di Kampung Bubur Blitar, 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan manajemen sumber daya manusia berbasis syariah di Kampung Bubur Blitar, 3 ) Bagaimana solusi ini dibuat untuk meminimalkan hambatan yang dihadapi dalam menerapkan manajemen sumber daya manusia berbasis syariah di Kampung Bubur Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini berfokus pada penerapan manajemen berbasis syariah di Kampung Bubur Blitar. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, metode observasi partisipatif, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui tahapan: 1) Reduksi Data, 2) Tampilan Data, 3) Verifikasi dan Kesimpulan. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, terlihat bahwa: 1) Kampung Bubur Blitar telah menerapkan manajemen sumber daya manusia berbasis syariah, ini dibuktikan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan di perusahaan harus sesuai dengan ajaran Islam, 2) Dalam penerapan sumber daya manusia berbasis syariah di Kampung Bubur Blitar memiliki kesulitan, 3) Untuk meminimalkan hambatan yang terjadi, Kampung Bubur Blitar menggunakan sistem penghargaan dan hukuman. Setiap karyawan berperilaku baik akan mendapatkan hadiah. Sebaliknya, karyawan yang berperilaku buruk akan mendapat penalti berupa teguran. Kata Kunci: Implementasi; Islam; Manajemen; Sumber Daya Manusia; Syari’ah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Pengembangan Masyarakat Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153336 Naila
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:37
Last Modified: 30 Sep 2021 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22556

Actions (login required)

View Item View Item