STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL- QUR’AN PADA PROGRAM TAHFIDZ DI SMP ISLAM AL- AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

INTAN NUR AFIYAH, 12201173145 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL- QUR’AN PADA PROGRAM TAHFIDZ DI SMP ISLAM AL- AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (419kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur‟an pada Program Tahfidz di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung”, ini ditulis oleh INTAN NUR AFIYAH, NIM 12201173145, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitutut Agama Islam Negeri ( IAIN) Tulungagung, yang bimbing oleh. Prof. Dr. SOKIP,M.Pd.I NIP. 197104202000031004 Kata Kunci: Strategi, Guru dan Hafalan Al-Qur‟an Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa Hafalan Al-Qur‟an semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan Islam, termasuk di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung. Keberhasilan dari hafalan Al Qur‟an ini salah satunya ditentukan oleh strategi guru yang disusun secara khusus untuk meningkatkan hafalan tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk bisa memilih dan menggunakan strategi yang tepat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana metode guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an pada program Tahfidz di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung?, 2) Bagaimana evaluasi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an pada program Tahfidz di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung?, 3) Bagaimana faktor penghambat guru dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an pada program Tahfidz di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung?, Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan metode guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an pada program Tahfidz di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an pada program Tahfidz di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat guru dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an pada program Tahfidz di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan beberapa Langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi untuk meningkatkan hafal Al-Qur‟an siswa adalah dengan cara mentarget hafalan bagi seluruh siswa dan siswa harus hafal sekian juz yang sudah ditentukan dari kepala sekolah. Berdasarkan data yang diperoleh dalam meningkatkan motivasi menghafal Al Qur‟an siswa di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung menerapkan beberapa strategi. Berikut strategi yang diterapkan: strategi 2) Evaluasi merupakan suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Pada evaluasi ini, di SMP Islam Al-Azhaar, Kedungwaru Tulungagung dilakukan setiap hari di akhir pelajaran murajaah ayat yang sudah di hafal kepada ustadzahpengampu. Untuk yang belum mempunyi hafalan tetap murajaah ayat-ayat yang sebelumnya dihafal dan menambah hafalan untuk di setorkan pada pertemuan selanjutnya. Untuk evaluasi keseluruhan, dilakukan setiap satu bulan sekali di akhir bulan yang dipimpin oleh kepala sekolah. Evaluasi tersebut Bertujuan agar hafalan tersebut masih dijaga dan tidak lupa dan memenuhi target setiap bulannya hafal 1 juz. 3) Faktor yang dapat menghambat pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan hafalan juz amma yaitu: Siswa yang kurang minat dengan hafalan Al-Qur‟an, ada siswa yang belum bisa membaca al Qur‟an, waktu untuk hafalan. 4) Selanjutnya untuk mengatasi hambatan tersebut tentunya ada solusi. Adapun solusi dari hambatan tersebut yaitu, membangkitkan semangat siswa dan memberi motivasi kepada siswa agar siswa sadar, mau dan minat untuk menghafal Al Qur‟an, waktu yang kurang merupakan hambatan dalam menghafal Al-Qur‟an, beberapa siswa terlihat tidak fokus dalam menghafal, mainan sendiri, memberi permainan atau es breaking dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Intan Intan nur afiyah
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:53
Last Modified: 02 Nov 2021 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22454

Actions (login required)

View Item View Item