PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL GHOZALI TULUNGAGUNG

SENDY ANGGITA, 12204173195 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL GHOZALI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al Ghozali Tulungagung” dituis oleh Sendy Anggita, NIM. 12204173195, pembimbing Miswanto, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap pelajaran matematika yang diakibatkan oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan kegiatan belajar dikelas masih menggunakan pembelajaran yang konvensional dimana siswa menjadi pasif dan siwa tidak memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuannya. Adanya pembelajaran ICARE ini diharapkan mampu mengubah suasana pembelajaran yang lebih baik dan efektif. Disisi lain pembelajaran ICARE ini memiliki lima komponen yaitu Introduction (Pendahuluan), Connection (Koneksi), Application (Aplikasi), Reflection (Refleksi), Extention (Ektensi). Dengan pembelajaran ini nantinya siswa terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga memungkinkan pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi statistika siswa kelas VIII MTs Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitaif. Jenis penelitian yaitu Quasi Experimental Design dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran ICARE dan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan dibentuk dua kelas yakni kelas VIII A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar (post-test) dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknis analisis data yang digunakan yaitu Independent sample T-test dan uji MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi statistika kelas VIII di Mts Al Ghozali Tulungagung. (2) Ada pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar siswa materi statistika kelas VIII di Mts Al Ghozali Tulungagung. (3) Ada pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa materi statistika kelas VIII di Mts Al Ghozali Tulungagung. Kata Kunci: ICARE, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173195 Sendy Anggita
Date Deposited: 27 Sep 2021 01:21
Last Modified: 27 Sep 2021 01:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22422

Actions (login required)

View Item View Item