STRATEGI MEMPERTAHANKAN BISNIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) (Studi Kasus Pengusaha Krupuk Rambak UD Intan Jaya Tulungagung)

TRIA MAILANA DEFI, 12402173193 (2021) STRATEGI MEMPERTAHANKAN BISNIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) (Studi Kasus Pengusaha Krupuk Rambak UD Intan Jaya Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Mempertahan Bisnis Dari Pandemi Covid19 (Coronavirus Disease 2019) (Studi Kasus UD Intan Jaya Tulungagung)” yang ditulis oleh Tria Mailana Defi, NIM. 12402173193, dengan pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya pergeseran dan perubahan pola pembelian konsumen. Meskipun telah ada penjualan online namun konsumen tetap banyak yang membeli langsung ke toko atau pusat perbelanjaan. Namun sekarang ini, karena adanya pembatasan dan peraturan pemerintah untuk tidak keluar rumah, otomatis konsumen tidak memungkinkan untuk berlama-lama di luar rumah. Sama halnya yang dialami UD Intan Jaya pada saat ini. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perkembangan UD Intan Jaya Tulungagung sebelum adanya Pandemi Covid-19?, (2) Bagaimana dampak adanya Pandemi Covid-19 terhadap UD Intan Jaya Tulungagung?, (3) Bagaimana strategi mempertahankan bisnis yang diterapkan UD Intan Jaya Tulungagung saat Pandemi Covid-19?. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu (1) Menganalisis perkembangan UD Intan Jaya Tulungagung sebelum adanya Pandemi Covid-19. (2) Menganalisis dampak adanya Pandemi Covid-19 terhadap UD Intan Jaya Tulungagung. (3) Menganalisis strategi mempertahankan bisnis yang diterapkan UD Intan Jaya Tulungagung dari Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mana peneliti melakukan observasi partisifpatif, wawancara mendalam, dan pengambilan dokumentasi secara langsung dengan teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini adalah. (1) Perkembangan UD Intan Jaya Sebelum datangnya Pandemi menunjukkan trend yang positif. Dibuktikan dengan data penjualan serta produksi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Penambahan karywan serta berdirinya 2 toko milik UD Intan Jaya juga bisa dijadikan sebuah parameter bahwa perusahaan ini telah berkembang dengan cepat. (2)Datangnya Pandemi Covid-19 yang tidak terprediksi berdampak negatif bagi UD Intan Jaya. Sepinya pembeli membuat penjualan menurun drastis sehingga produksi pun juga menurun. Para karyawan UD Intan Jaya pun juga merasakan dampak dari Pandemi Covid-19 dengan dikuranginya jam kerja. Serta sulitnya mendapat bahan baku disaat pandemi membuat harga kerupuk rambak naik.(3)Dalam menghadapai situasi pandemi, UD Intan Jaya berusaha beradaptasi untuk terus dapat menjalankan bisnisnya. Salah satu strategi yang diterapkan UD Intan Jaya adalah dengan memanfaatkan media online serta marketplace untuk memasarkan produknya. Dilihat dari data menunjukkan strategi ini mampu meningkatkan penjualan serta produksi UD Intan Jaya. Kata kunci: dampak, perkembangan, strategi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 TRIA MAILANA DEFI 12402173193
Date Deposited: 22 Sep 2021 05:10
Last Modified: 22 Sep 2021 05:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22375

Actions (login required)

View Item View Item