STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

TRI YENI ANJARSARI, 12201173310 (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Peserta Didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Tri Yeni Anjarsari, NIM. 12201173310, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Tahun 2021, pembimbing Zainudin S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Guru, Karakter Sopan Santun. Menurunnya tingkat sopan santun di kalangan remaja pada umumnya dikarenakan oleh canggihnya teknologi yang disalahgunakan, seperti beredarnya tayangan di dunia maya yang jauh dari norma agama dan ditiru oleh para remaja sehingga membawa suatu perubahan yang berdampak pada kenakalan remaja di sekolah. Faktor lain yang menyebabkan menurunnya moral remaja adalah karena kurang efektifnya strategi yang dilakukan guru dalam menanamkan karakter sopan santun pada peserta didik di lingkungan sekolah, kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya sikap sopan santun terhadap orang yang lebih tua, serta kurangnya perhatian orang tua. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam membentuk karaker sopan santun peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam membentuk karakter sopan santun peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (3) bagaimana evaluasi strategi guru dalam membentuk karakter sopan santun peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuaitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan strategi guru dalam membentuk karakter sopan santun dilakukan melalui tata tertib atau peraturan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan keagamaan, kegaitan bimbingan dan konseling, teladan dan pemberian contoh yang baik, serta memasukkan nilai–nilai karakter sopan santun dalam setiap penyampaian materi pembelajaran. (2) Pelaksanaan penanaman karakter sopan santun dilakukan melalui pembinaan dalam kegiatan ekstrakurikuler , kegiatan keagamaan serta melalui pembiasaan dalam berbicara maupun berperilaku. (3) Evaluasi dalam pembentukan karakter sopan santun peserta didik dilakukan melalui evaluasi secara langsung dalam kegiatan sehari–hari, evaluasi secara kerja sama (wali kelas, guru BK, guru pemegang materi, dan kepala sekolah), evaluasi yangdilakukan oleh wali kelas bersama wali murid serta evaluasi dengan cara memantau perkembangan peserta didik serta memberi motivasi dan nasihat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173310 TRI YENI ANJARSARI
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:59
Last Modified: 21 Sep 2021 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22361

Actions (login required)

View Item View Item