STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KEJENUHAN PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII DALAM KONDISI PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 KOTA BLITAR

MUHAMMAD ADITYA FAKHRIY, 12201173361 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KEJENUHAN PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII DALAM KONDISI PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (419kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kejenuhan Pembelajar Daring Siswa Kelas VII Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Di MTsN 1 Kota Blitar” ini di tulis oleh Muhammad Aditya Fakhriy, NIM. 12201173361 yang dibimbing oleh M. Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A Kata Kunci : Strategi Guru, Penanggulangan, Kejenuhan Pembelajaran, Daring Konteks penelitian ini didasari oleh permasalaan dari para peserta didik yang merasakan bahwa kegiatan belajar online pada kondisi pandemi covid-19 ini tidak seperti kegiatan belajar yang dilakukan secara langsung pada saat sebelum adanya kondisi pandemi covid-19. Terbukti adanya siswa yang kurang disiplin dalam tugas yang diberikan ataupun kurang antusias dalam melakukan kegiatan pembelajaran, peneliti memiliki pemekiran bahwa siswa sedang terjebak pada fase kejenuahan belajar yang dilakukan secara online pada kondisi pandemi ini, dan apabila kejenuhan ini dibiarkan maka akan menimbulkan rasa malas para pesera didik dalam belajar Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu : (1) Apa saja macam-macam kejenuhan pembelajaran daring pada siswa kelas VII dalam kondisi pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Blitar? (2) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring siswa kelas VII dalam kondisi pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Blitar? (3) Apa saja hambatan guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring siswa kelas VII dalam kondisi pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan penelitian jenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber Data : dari Subyek Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak dan Siswa. Hasil penelitiannya yaitu (1) Macam-macam kejenuhan pembelajaran daring pada siswa kelas VII dalam kondisi pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Blitar yaitu : yang pertama, siswa tidak mengumpulkan tugas, Yang kedua, tidak focus ketika pembelajaran melalui zoom. (2) Strategi guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring siswa kelas VII dalam kondisi pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Blitar yaitu yang pertama dengan guru menjadi motivator. Yang kedua adalah kreativitas. (3) Hambatan guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring siswa kelas VII dalam kondisi pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Blitar yaitu : Bapak/ibu guru dan siswa karena masih belum terbiasa dalam pembelajaran daring. Karena yang biasanya media pembelajaran selalu di rancang dan disiapkan untuk pembelajaran tatap muka langsung dengan adanya pembelajaran daring ini bapak/ibu guru hanya bisa memberikan materi dengan melalui video kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Aditya Fakhriy
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:03
Last Modified: 20 Sep 2021 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22333

Actions (login required)

View Item View Item