PENGARUH DANA SIMPANAN WADIAH, PENDAPATAN BAGI HASIL DAN MARGIN MURABAHAH TERHADAP BONUS WADIAH PADA PT BANK SYARIAH BUKOPIN Tbk. (Studi Kasus Laporan Keuangan Triwulan Tahun 2013-2020)

AVIA TURROHIMAH, 12401173075 (2021) PENGARUH DANA SIMPANAN WADIAH, PENDAPATAN BAGI HASIL DAN MARGIN MURABAHAH TERHADAP BONUS WADIAH PADA PT BANK SYARIAH BUKOPIN Tbk. (Studi Kasus Laporan Keuangan Triwulan Tahun 2013-2020). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ” Pengaruh Dana Simpanan Wadiah, Pendapatan Bagi Hasil dan Margin Murabahah Terhadap Bonus Wadiah pada PT Bank Syariah Bukopin Tbk (Studi Kasus Laporan Keuangan Triwulan Tahun 2013-2020) ” ini ditulis oleh Avia Turrohimah, NIM. 12401173075, pembimbing Dr. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya bonus wadiah yaitu sebagai sarana bank syariah untuk menarik minat menabung calon nasabah untuk menabungkan dananya kepada bank syariah. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi besar kecilnya bonus wadiah yang diberikan kepada nasabah adalah diantaranya dana simpanan wadiah, pendapatan bagi hasil dan margin murabahah. Dalam memanfaatkan dananya nasabah simpanan wadiah resiko dan keuntungan yang muncul adalah tanggungjawab bank. Namun pada prakteknya bank membagikan keuntungan dalam memanfaatkan dana tersebut dengan istilah bonus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dana simpanan wadiah berpengaruh terhadap bonus wadiah PT. Bank Syariah Bukopin? (2) Apakah pendapatan bagi hasil berpengaruh terhadap bonus wadiah PT. Bank Syariah Bukopin? (3) Apakah margin murabahah berpengaruh terhadap bonus wadiah PT. Bank Syariah Bukopin? (4) Apakah dana simpanan wadiah, pendapatan bagi hasil dan margin murabahah berpengaruh terhadap bonus wadiah PT. Bank Syariah Bukopin? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan kejelasan tentang besarnya pengaruh dana simpanan wadiah, pendapatan bagi hasil dan margin murabahah terhadap bonus wadiah PT Bank Syariah Bukopin Tbk. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis analisis asosiatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dengan populasi atau subyek penelitian berupa laporan keuangan pada Bank Syariah Bukopin. Dengan jumlah sampel sebanyak 32 yang berasal dari laporan keuangan Bank Syariah Bukopin mulai tahun 2013-2020. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan tahun 2013-2020 dengan tujuan mampu memberikan informasi kinerja keuangan terkini kepada nasabah maupun calon nasabah dari Bank Syariah Bukopin Tbk. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan hasil penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dana simpanan wadiah, pendapatan bagi hasil dan margin murabahah bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap bonus wadiah dengan melihat Adusted R Square berarti bahwa kemampuan variabel independen dalam menerangkan variasi perubahan variabel dependen sebesar, sedangkan sisanya 10,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173075 AVIA TURROHIMAH
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:13
Last Modified: 20 Sep 2021 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22327

Actions (login required)

View Item View Item