PENGGUNAAN APLIKASI COMIC STRIP IT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF DI KELAS IX MTSN 1 NGANJUK

KHUSNUL AMINATUS SHOLIHAH, 12210173087 (2021) PENGGUNAAN APLIKASI COMIC STRIP IT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF DI KELAS IX MTSN 1 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (777kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Aplikasi Comic Strip It dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Inspiratif di Kelas IX MTsN 1 Nganjuk” ini ditulis oleh Khusnul Aminatus Sholihah, NIM. 12210173087, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, dibimbing oleh Ibu Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Comic Strip It, Teks Cerita Inspiratif Konteks penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Nganjuk terutama di kelas IX. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerita inspiratif, hasil karya siswa kelas IX MTsN 1 Nganjuk kurang menarik dan tidak mengandung inspirasi bagi pembaca. Hal ini dikarenakan siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide untuk membuat teks cerita inspiratif. Selain itu, mereka juga masih kesulitan dalam merangkai alur cerita dan belum memahami struktur cerita inspiratif. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin membahas tentang Penggunaan Aplikasi Comic Strip It dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Inspiratif di Kelas IX MTsN 1 Nganjuk. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan penggunaan dan cara kerja aplikasi Comic Strip It, (2) mendeskripsikan pembelajaran menulis teks cerita inspiratif menggunakan aplikasi Comic Strip It di kelas IX MTsN 1 Nganjuk, dan (3) mendekripsikan respons siswa kelas IX MTsN 1 Nganjuk terhadap penggunaan aplikasi Comic Strip It dalam pembelajaran menulis teks cerita inspiratif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecakan keabsahan data terdiri dari beberapa tahap yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, dan pemeriksaan atau pengecekan. Hasil peneliti ini, yaitu (1) penggunaan dan cara kerja aplikasi Comic Strip It terdiri dari; (a) unduh aplikasi Comic Strip It, (b) buka aplikasi, (c) izinkan aplikasi mengakses gambar, (d) buat judul komik, (e) masukkan gambar, (f) beri tulisan dengan menekan POW atau Speech-Balloon Icon, (g) ubah filter dengan menekan FX, (h) buat halaman selanjutnya dengan mengulangi langkah-langkah mulai dari memasukkan gambar, (i) lihat hasil pada menu Preview, dan (j) simpan hasil komik dengan menekan Save Strip. (2) Pembelajaran menulis teks cerita inspiratif menggunakan aplikasi Comic Strip It di kelas IX MTsN 1 Nganjuk berupa; (a) perencanaan, yaitu guru menyiapkan RPP, bahan ajar berupa video, dan E-learning; (b) pelaksanaan, yaitu guru membuka kelas melalui E-learning, menyapa siswa, menyampaikan tujuan, menulis KD, menyampaikan bahan ajar, memberi penugasan membuat cerita inspiratif menggunakan aplikasi Comic Strip It, menentukan waktu pengumpulan tugas, dan refleksi dengan cara memberi kesempatan siswa untuk bertanya serta merespons interaksi siswa melalui aplikasi Whatsapp; (c) evaluasi dilakukan dengan memberi apresiasi pada hasil karya siswa dalam bentuk penilaian serta kritik dan saran atau feedback. (3) Respons siswa kelas IX MTsN 1 Nganjuk terhadap penggunaan aplikasi Comic Strip It dalam pembelajaran menulis teks cerita inspiratif sangat baik. Siswa menjadi lebih antusias aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran menulis teks cerita inspiratif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Cerpen
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Khusnul Aminatus Sholihah
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:50
Last Modified: 01 Nov 2021 05:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22293

Actions (login required)

View Item View Item