PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN, PEMAHAMAN DAN SELF ASSESSMENT SYSTEM PAJAK E-COMMERCE TERHADAP KEPATUHAN PELAKU BISNIS E-COMMERCE DALAM MEMBAYAR PAJAK DI SHOPEE

HALIMAH PUTRIANI, 17403163127 (2021) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN, PEMAHAMAN DAN SELF ASSESSMENT SYSTEM PAJAK E-COMMERCE TERHADAP KEPATUHAN PELAKU BISNIS E-COMMERCE DALAM MEMBAYAR PAJAK DI SHOPEE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Pemahaman, dan Self Assessment System Pajak E-Commerce Terhadap Kepatuhan Pelaku Bisnis E-Commerce Dalam Membayar Pajak di Shopee ini ditulis oleh Halimah Putriani, NIM.17403163127, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Akuntansi Syariah, Institut Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dyah Pravitasari, S.E., M.S.A . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ekonomi yang semakin maju, salah satunya di dunia perdagangan. Munculnya internet membuat para pedagang memanfaatkan internet untuk kegiatan jual beli sampai diciptakannya aplikasi jual beli di marketplace, salah satunya adalah shopee. Pedagang dengan penjualan tinggi banyak yang tidak mengetahui bahwa pendapatannya yang memenuhi syarat membayar pajak harus melaporkan penghasilannya. Pentingnya pengetahuan pajak, pemahaman pajak dan self assessment system pajak untuk mendorong pedagang melaporkan penghasilannya. Karena pajak merupakan sumber penghasilan utama negara untuk kegiatan infrastruktur, fasilitas publik, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis tingkat pengetahuan pajak e-commerce dalam membayar pajak di shopee, (2) Untuk menganalisis tingkat pemahaman pajak e-commerce dalam membayar pajak di shopee, (3) Untuk menganalisis tingkat self assessment system pajak e-commerce terhadap kepatuhan pelaku bisnis e-commerce dalam membayar pajak di shopee, (4) Untuk menganalisis pengaruh tingkat pengetahuan, pemahaman dan self assessment system pajak e-commerce terhadap kepatuhan pelaku bisnis e-commerce dalam membayar pajak di shopee. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara dan teknik angket. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 61 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS 25 berupa uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, teknik regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan dalam membayar pajak di shopee, (2) pemahaman pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan dalam membayar pajak di shopee, (2) self assessment system tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepatuhan dalam membayar pajak di shopee, (4) pengetahuan, pemahaman dan self assessment system pajak e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pelaku e-commerce dalam membayar pajak di shopee. Kata Kunci : pengetahuan, pemahaman, self assessment system pajak, kepatuhan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 17403163127 HALIMAH PUTRIANI
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:26
Last Modified: 20 Sep 2021 01:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22266

Actions (login required)

View Item View Item