PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TALUN

‘AINI, FITROTUL (2015) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TALUN. [ Skripsi ]

[img] Text
IAIN_T.A_Fitrotul_Aini_Cover.pdf

Download (565kB)
[img] Text
IAIN_T.A_Fitrotul_Aini_Abstrak.pdf

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
IAIN_T.A_Fitrotul_Aini_BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IAIN_T.A_Fitrotul_Aini_BAB II.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IAIN_T.A_Fitrotul_Aini_BAB III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IAIN_T.A_Fitrotul_Aini_BAB IV.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
IAIN_T.A_Fitrotul_Aini_BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
IAIN_T.A_Fitrotul_Aini_Daftar Rujukan.pdf

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Talun” ini ditulis oleh Fitrotul „Aini, NIM. 3214113074, yang dibimbing oleh Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Bimbingan Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar di luar sekolah dapat mempengaruhi hasil belajar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan bimbingan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Talun. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Talun?, (2) Seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Talun?. Tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Talun?, (2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Talun?. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini juga menggunakan metode interview (wawancara), tes, dokumentasi, dan observasi. Metode interview digunakan untuk mengetahui keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar di luar sekolah. Tes digunakan untuk untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika pada materi segiempat. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang nilai matematika serta data-data lain yang mendukung penelitian. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus t-tes. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan hasil belajar terhadap bimbingan belajar matematika siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Talun. Hasil hitung, baik secara manual maupun dengan bantuan SPSS 16.0 pada taraf signifikansinya 5% menunjukkan bahwa nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: fitrotul aini
Date Deposited: 17 Dec 2015 03:27
Last Modified: 17 Dec 2015 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item