MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KEDIRI

PRAYUDA RIZKY PUTERA, 12207173058 (2021) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta didik dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 4 Kediri” ini ditulis oleh Prayuda Rizky Putera, NIM. 12207173058, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Muhammad Zainul Arifin, M. Pd. I. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Mutu Lulusan Penelitian ini membahas tentang “Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 4 Kediri”. Yang dilatar belakangi oleh adanya sebuah fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dengan pesat. Dan juga lembaga pendidikan dituntut untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berkompeten. Untuk mengatasi tuntutan tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola madrasah dalam mengelola peserta didiknya. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerimaan peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa di MAN 4 Kediri? (2) Bagaimana proses pembinaan peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa di MAN 4 Kediri? (3) Bagaimana evaluasi peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa di MAN 4 Kediri?. Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perencanaan penerimaan peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa di MAN 4 Kediri, (2) Untuk mengetahui proses pembinaan peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa di MAN 4 Kediri, (3) Untuk mengetahui evaluasi peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa di MAN 4 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar manajemen peserta didik dalam upaya meningkatkan mutu lulusan di MAN 4 Kediri. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, kepala tata usaha, guru kelas, dan guru bimbingan konseling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi: Uji credibility dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat, uji transferability, uji depenability, uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa di MAN 4 Kediri diwujudkan melalui kegiatan olimpiade tingkat SMP/MTs kelas 9, penerimaan peserta didik baru dengan membuka 2 jalur masuk yaitu prestasi dan reguler dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan, dan pada penerimaan peserta didik baru ini membuka 10 kelas dibagi menjadi 3 jalur kelas pretasi dan 7 jalur kelas reguler. (2) Proses pembinaan peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa di MAN 4 Kediri diwujudkan melalui kegiatan masa ta’aruf siswa madrasah, pembentukan karakter siswa melalui pembiasaan diri seperti upacara bendera setiap hari senin, tadarus Al qur’an setiap pagi hari, sholat berjamaah dhuha, dhuhur, dan ashar, adapun saat ini madrasah membuka kelas keterampilan yang antara lain tata boga, informasi teknologi, teknik dan bisnis sepeda motor. (3) Evaluasi peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa di MAN 4 Kediri diwujudkan melalui penilaian tahap akhir dari akademik, non akademik, dan tata tertibnya, jika terjadi masalah akan diadakannya remidial untuk akademiknya dan sanksi untuk yang melanggar tata tertib dari madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173058 Prayuda Rizky Putera
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:10
Last Modified: 16 Sep 2021 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22240

Actions (login required)

View Item View Item