MANAJEMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN (Studi Kasus di SMP Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri)

IMAM MUSLIM, 12501184007 (2020) MANAJEMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN (Studi Kasus di SMP Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (754kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan (Studi Kasus di SMP Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri)” ini ditulis oleh Imam Muslim, pembimbing: Prof. Dr. Munardji, M.Ag dan Dr. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Kualitas Lulusan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya manajemen sistem penjaminan mutu internal dalam meningkatkan kualitas lulusan di satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah. Kualitas lulusan di setiap tingkat pendidikan sangat bergantung pada sistem yang berjalan pada satuan pendidikan tersebut. Kualitas lulusan pendidikan di sekolah dapat terjamin dengan baik jika sekolah memiliki sistem penjaminan mutu yang menjadikan sekolah memiliki budaya mutu guna meningkatkan kualitas lulusannya. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah 1) Bagaimana perencanaan manajemen sistem penjaminan mutu internal (SPMI) dalam meningkatkan kualitas lulusan di SMP Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri? 2) Bagaimana implementasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI) dalam meningkatkan kualitas lulusan di SMP Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri? 3) Bagaimana pengendalian sistem penjaminan mutu internal (SPMI) dalam meningkatkan kualitas lulusan di SMP Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri ?. Metode penelitian Tesis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data individu. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan mengadakan member checking Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Perencanaan penjaminan mutu internal dalam meningkatkan kualitas lulusan dilakukan sesuai prosedur yang diterapkan oleh Kemendikbud sesuai dengan siklus SPMI, mulai dari evaluasi diri sekolah yang melibatkan semua komponen yang ada, sehingga menghasilkan RKS dan RKAS yang baik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah agar benar-benar dapat terealisasi secara maksimal.; 2) Pelaksanaan penjaminan mutu internal dalam meningkatkan kualitas lulusan dilakukan dengan mengikuti arahan yang sudah disepakati bersama dalam RKS dan RKAS yang ada, dan direalisasikan dengan penuh komitmen bersama dalam mensukseskan segala program sehingga terciptanya iklim budaya mutu yang bagus guna terciptanya lulusan yang berkualitas; 3) Audit mutu dalam penjaminan mutu internal dilakukan secara mandiri, dan berguna untuk menetapkan apakah kegiatan tersebut berorientasi pada mutu dan hasil kegiatan tersebut sesuai dengan rencana dan standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan. Dengan audit mutu maka sekolahan dapat menentukan program baru sebagai solusi dari program yang kurang efektif, sehingga mutu pendidikan dan mutu lulusan dapat terus berkembang setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501184007 IMAM MUSLIM
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:29
Last Modified: 16 Sep 2021 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22232

Actions (login required)

View Item View Item