STUDI LITERATUR PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR HURUF HIJAIYAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

SILMI NUR FITRIANA, 17206163032 (2020) STUDI LITERATUR PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR HURUF HIJAIYAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Studi Literatur Penggunaan Media Kartu Gambar Huruf Hijaiyah serta Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca dan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini” ini ditulis oleh Silmi Nur Fitriana, NIM. 17206163032, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. NIP. 198008252006041007 Kata Kunci : Media Kartu Gambar Huruf Hijaiyah, Kemampuan Membaca, Kemampuan Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, ada 6 aspek perkembangan dalam pendidikan anak usia dini yang meliputi aspek nilai agana dan moral, sosial emosional, fisik motorik, kognitif, bahasa dan seni. Aspek bahasa terdiri dari 4 ketrampilan yaitu menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Untuk mengembangkan aspek bahasa dan kognitif anak, di perlukan media yang menarik, berguna dan sesuai dengan anak. Untuk mengenalkan huruf-huruf hijaiyah pada anak di sekolah, tidak harus selalu menggunakan media iqro‟ karena itu bisa membuat anak jenuh, bosan dan membuat anak tidak menyukai pembelajaran tersebut, karena anak usia dini lebih menyukai media yang berwarna-warni, bergambar, dan menarik bagi anak. Media kartu gambar huruf hijaiyah diharapkan memberikan dampak terhadap perkembangan kemampuan membaca dan kemampuan kognitif anak. Rumusan masalah dalam kajian ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh penggunaan media kartu gambar huruf hijaiyah terhadap kemampuan membaca anak usia dini? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan media kartu gambar huruf hijaiyah terhadap kemampuan kognitif anak usia dini?. Tujuan penelitian adalah : (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media kartu gambar huruf hijaiyah terhadap kemampuan membaca anak usia dini. (2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media kartu gambar huruf hijaiyah terhadap kemampuan kognitif anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “literature review”. Sumber literature yang digunakan dalam penelitian ini ditelusuri melalui google scholar dengan menggunakan kata kunci media kartu gambar huruf hijaiyah terhadap kemampuan membaca dan media kartu gambar huruf hijaiyah terhadap kemampuan kognitif. Penelusuran dilakukan sejak tanggal 09 Mei 2020 hingga 14 Juni 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media kartu gambar huruf hijaiyah dapat mempengaruhi kemampuan membaca anak usia dini (2) Penggunaan media kartu gambar huruf hijaiyah dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia dini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163032 SILMI NUR FITRIANA
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:19
Last Modified: 15 Sep 2021 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22198

Actions (login required)

View Item View Item