PENGARUH PENDAPATAN PERKAPITA WAJIB PAJAK PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (Studi Empiris di Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)

FITA FATMA LUFIANA, 12403173031 (2021) PENGARUH PENDAPATAN PERKAPITA WAJIB PAJAK PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (Studi Empiris di Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendapatan Perkapita Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Efektivitas Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Empiris di Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Fita Fatma Lufiana, NIM 12403173031, Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini merujuk pada asumsi bahwa pada dasarnya penerimaan yang berasal dari Pajak Bumi dan Bangunan di Sektor Perdesaan dan Perkotaan yang efektif sangat diutamakan oleh pemerintah. Pajak sangat berperan penting dalam menggerakkan roda pemerintahan. Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan atau disebut dengan PBB-P2 merupakan pajak yang bernilai kecil, namun masih banyak wajib pajak PBB-P2 yang enggan dalam membayar kewajiban pajaknya. Adanya pewajib pajak yang melakukan tindakan penghindaran atau pelalaian dalam membayar kewajiban pajaknya, menyebabkan penerimaan pajak negara akan berkurang. Semakin efektif hasil PBB-P2 yang masuk dalam kas daerah, maka dapat meningkatkan pendapatan asli daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan perkapita wajib pajak, pengetahuan perpajakan, dan kepatuhan wajib pajak terhadap efektivitas pembayaran pajak bumi dan bangunan (Studi Empiris di Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer dan data sekunder. Data diperoleh dengan teknik observasi, penyebaran angket atau kuesioner dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 98 responden yang bertempat tinggal di Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Skala Likert dalam pengukurannya dalam bentuk pernyataan positif yang dimulai dengan skor 5-4-3-2-1. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis linier berganda yang digunakan untuk membuktikan hipotesis-hipotesis yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil Uji T (Uji Parsial) penelitian ini menyatakan bahwa variabel pendapatan perkapita wajib pajak berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap efektivitas pembayaran pajak bumi dan bangunan. Variabel pengetahuan perpajakan dan kepatuhan wajib pajak berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas pembayaran pajak bumi dan bangunan. Berdasarkan hasil Uji F (Uji Simultan) penelitian ini pada variabel pendapatan perkapita wajib pajak, pengetahuan perpajakan, dan kepatuhan wajib pajak berpengaruh secara simultan terhadap efektivitas pembayaran pajak bumi dan bangunan. Kata Kunci: Pendapatan Perkapita Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403173031 FITA FATMA LUFIANA
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:45
Last Modified: 16 Sep 2021 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22169

Actions (login required)

View Item View Item