STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA PEMBIAYAAN TERHADAP PRODUK TABUNGAN QURBAN (Studi Kasus Di Kopsyah Btm Amanah Tanggulwelahan Dan Kspps Bmt Peta Trenggalek)

AMADHEA CHOIRUNNIZA, 12401173184 (2021) STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA PEMBIAYAAN TERHADAP PRODUK TABUNGAN QURBAN (Studi Kasus Di Kopsyah Btm Amanah Tanggulwelahan Dan Kspps Bmt Peta Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (398kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Yang Efektif Dalam Meningkatkan Minat Anggota Pembiayaan Terhadap Produk Tabungan Qurban (Studi Kasus di Kopsyah BTM Amanah Tanggulwelahan dan KSPPS BMT PETA Trenggalek)”. Yang diteliti oleh Amadhea Choirun Niza NIM 12401173184 yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Asmawi, M.ag. Latar belakang dari penelitian ini adalah dapat dilihat dari perkembangan jumlah anggota pembiayaan produk tabungan qurban yang terdapat di dua lembaga tersebut ternyata kurang diminati masyarakat dibandingkan pada produk simpanan unggulan yang banyak diminati masyarakat. Sehingga dengan adanya strategi pemasaran yang efektif terhadap produk tabungan qurban ini dapat mengindikasi adanya meningkatkan minat pada nasabah. Dari kedua lembaga tersebut mempunyai persamaan dari penerapan strategi pemasaran yang efektif yaitu dengan menggunakan baruan pemasaran 4P (Product, Price, Promotion, dan Place). Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif guna memperoleh pengetahuan secara luas dan mendalam terkait strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan minat anggota pembiayaan terhadap produk tabungan qurban (Studi Kasus di Kopsyah BTM Amanah Tanggulwelahan dan KSPPS BMT PETA Trenggalek) serta menggunakan teknis analisis data model interaktif Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer yaitu diperoleh dari hasil observasi dan pengamatan langsung dilokasi lembaga keuangan dan para anggota nasabah khususnya produk tabungan qurban melalui wawancara, dan arsip atau dokumen lembaga. Sedangkan Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, dan literatur-literatur mengenai strategi pemasaran. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan strategi pemasaran yang efektif, yang dilakukan oleh Kopsyah BTM Amanah Tanggulwelahan dan KSPPS BMT PETA Trenggalek sama-sama menggunakan baruan pemasarana 4P yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat, strategi promosi. Kendala internal yang dihadapi Kopsyah BTM Amanah Tanggulwelahan yaitu promosi yang kurang optimal, tidak ada penyebaran brosur, kurangnya pengembangan skill terhadap marketing. kendala eksternal kurang minatnya anggota pembiayaan yang belum leluasa mengetahui produk yang dimiliki oleh lembaga, masyarakat yang kurang mengenal lembaga simpan pinjam yang berbasis syariah, banyaknya persaingan antara bank konvensional yang menyamai terkait pelayanannya dengan bank syariah. Sedangkan kendala internal di KSPPS BMT PETA Trenggalek kurangnya marketer produk penghimpunan dana pada BTM, pihak lembaga sulit untuk mencari nasabah. Kendala eksternalnya faktor lokasi terhadap minat menabung, persaingan ketat dengan lembaga keuangan lain, adanya lembaga keuangan lain baik yang sejenis maupun yang berbeda membuat masyarakat dihadapkan banyak pilihan. Solusi dari kendala Kopsyah BTM Amanah Tanggulwelahan Menerapkan pembaruan dari produk-produk yang sudah ada, Mengembangkan sistem promosi guna memasarkan produknya, Pihak Kopsyah BTM Amanah Tanggulwelahan akan mengembangkan dalam pelayanan produk pembiayaan dan simpanan, Pihak lembaga melakukan kegiatan sosialisasi terhadap jama’ah dan masyarakat. Sedangkan solusi dari kendala di KSPPS BMT PETA Trenggalek yaitu Meningkatkan kualitas kinerja perusahaan, Berusaha meningkatkan jumlah anggota pembiayaan, Melakukan promosi dan mengenalkan sistem pengelolaan dana BMT kepada masyarakat yang luas, Memperkenalkan produk BTM melalui teman para karyawan BMT PETA. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Minat Anggota, Tabungan Qurban

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173184 Amadhea Choirunniza
Date Deposited: 16 Sep 2021 01:22
Last Modified: 16 Sep 2021 01:22
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/22158

Actions (login required)

View Item View Item