ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA BERGAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI FUNGSI KELAS X MA AL-URWATUL WUTSQO JOMBANG

NISA'UR ROHMAH, 12204173048 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA BERGAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI FUNGSI KELAS X MA AL-URWATUL WUTSQO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Menyelesaikan Soal Open ended Materi Fungsi Kelas X MA Al-Urwatul Wutsqo Jombang” ini ditulis oleh Nisa’ur Rohmah, NIM. 12204173048, dengan dosen pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Representasi Matematis, Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif, Open ended, Fungsi Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dikembangkan karena digunakan sebagai dasar dalam pembelajaran Matematika. Rendahnya kemampuan ini akan menghambat siswa dalam menentukan penyelesaian dari permasalahan matematika yang diberikan. Strategi pemecahan masalah matematika juga dipengaruhi oleh gaya kognitif siswa. Gaya kognitif yang dimaksud disini adalah gaya kognitif reflektif dan impulsif. Pemberian soal berbasis Open ended diarahkan untuk membantu siswa dalam menggunakan berbagai representasi untuk mencari solusi permasalahan dengan berbagai variasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal open ended materi fungsi kelas X MA Al-Urwatul Wutsqo Jombang. (2) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa bergaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal open ended materi fungsi kelas X MA Al-Urwatul Wutsqo Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih di MA Al-Urwatul Wutsqo Jombang dengan subjek penelitian 6 siswa yang bergaya kognitif reflektif dan impulsif masing-masing 3 siswa. Data yang digunakan adalah data hasil tes gaya kognitif, tes soal representasi matematis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes soal yang digunakan berkaitan dengan materi fungsi kelas X. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif mampu menggunakan representasi visual, persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis. (2) kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif impulsif mampu menggunakan representasi visual, tetapi kurang mampu menggunakan representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Psikologi
Psikologi > Psikologi kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173048 NISA'UR ROHMAH
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:35
Last Modified: 14 Sep 2021 01:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/22129

Actions (login required)

View Item View Item