PENGARUH PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2010/2011

SA’DIYAH, SITI MUHAROMATUS (2011) PENGARUH PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
ASLI BAB I.doc

Download (84kB)
[img] Text
ASLI BAB II.doc

Download (235kB)
[img] Text
ASLI BAB III.doc

Download (177kB)
[img] Text
ASLI BAB IV.doc

Download (520kB)
[img] Text
ASLI BAB V.doc

Download (31kB)
[img] Text
cover baru.doc

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (40kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pengaruh, Pendekatan Quantum Learning, Prestasi Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi dimana kemajuan zaman yang semakin maju mempengaruhi prestasi belajar khususnya dalam mata pelajaran matematika. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Selama dan sesudah proses pembelajaran matematika banyak pengetahuan atau ilmu yang didapat dan dikembangkan. Akan tetapi banyak siswa enggan mempelajari matematika, dengan melihat materi yang disajikan tiap hari sama yaitu melihat angka dan rumus. Guru merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam mewujudkan keberhasilan tersebut. Oleh karena itu guru harus memilih pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu usaha agar siswa lebih cepat dalam menanggapi pelajaran adalah dengan pendekatan Quantum Learning, yaitu guru menyajikan materi semenarik mungkin yang bisa menghubungkan antara otak kanan dan kiri, supaya belajar siswa menjadi lebih enjoy dan fun dan tidak ada rasa takut untuk mempelajarinya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika materi luas permukaan dan volume prisma peserta didik kelas VIII di SMP Islam Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011? (2) Seberapa besar pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika materi luas permukaan dan volume prisma peserta didik kelas VIII di SMP Islam Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011 ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika materi luas permukaan dan volume prisma peserta didik kelas VIII di SMP Islam Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika materi luas permukaan dan volume prisma peserta didik kelas VIII di SMP Islam Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011 . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu model desainnya Two Group Post-Test Only Design. Populasinya seluruh kelas VIII SMP Islam Gandusari Trenggalek. Sampelnya kelas VIII C dan VIII D dengan metode purposive sampling. Berdasarkan nilai matematika semester ganjil yang homogen. Metode instrumen pengumpulan data yang digunakan: (1) Metode tes, digunakan untuk melihat prestasi belajar matematika siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek setelah dan sesudah diberi perlakuan. (2) Metode dokumentasi, digunakan untuk melihat nilai untuk menentukan sampel. (3) Metode observasi, digunakan untuk mengamati segala aktivitas dalam proses pembelajaran dan (4) Metode wawancara digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian. Dalam penelitian ini analisis datanya menggunakan rumus uji ”t” Independent sample t-test dengan menentukan hipotesis Ho dan Ha. Setelah data dianalisis diperoleh (mean kelompok eksperimen > mean kelompok kontrol) (75,96> 70) serta tt (5% = 2,000) < te = 2,0472 < tt(1% = 2,660), karena bidang pendidikan yang digunakan itu pada taraf 5% . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika materi luas permukaan dan volume prisma peserta didik kelas VIII di SMP Islam Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh besarnya pengaruh pendekatan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika materi luas permukaan dan volume prisma peserta didik kelas VIII di SMP Islam Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011 adalah 8,51 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2015 03:39
Last Modified: 11 Sep 2015 03:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item