PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VIIMTS Al￾KARIM GONDANG NGANJUK

NUHA HAFIDHIEN NAUFAL, 17208163096 (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VIIMTS Al￾KARIM GONDANG NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Strategi Pembejalaran PQ4R(Preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTs Al-Karim Gondang Nganjuk” ditulis oleh Nuha Hafidhien Naufal, Jurusan Tadris Biologi, NIM 17208163096, dibimbing oleh M. Luqman Hakim Abbas, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PQ4R, Motivasi, Hasil Belajar, Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam menerapkan sebuah metode yang tepat dalam sebuah pembelajaran. Pelajaran IPA Biologi khusunya materi pencemaran lingkungan masih dianggap sulit untuk dipahami, ditambah masalah keterbatasannya sarana prasarana disekolah. Persepsi tersebut memungkinkan dampak negatif seperti rendahnya motivasi belajar siswa dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh Karena itu, peneliti menggunakan strategi pembelajaran PQ4R, guna untuk menciptakan motivasi belajar siswa dan dapatmempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuannya pada penelitian ini (1) Untukmengetahuai pengaruh strategi pembelajaran PQ4R(preview, question, read, reflect, recite, review)terhadap motivasi belajar siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Al-Karim Gondang Nganjuk. (2) Mengetahuai pengaruh strategi pembelajaran PQ4R(preview, question, read, reflect, recite, review)terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Al-Karim Gondang Nganjuk. (3) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PQ4R(preview, question, read, reflect, recite, review)terhadap motivasi dan haasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Al￾Karim Gondang Nganjuk. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Desain Quasy Experiment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Karim Gondang Nganjuk dengan pengambilan sampel jenis Sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Sedangakan analisis datanya dengan menggunakan Uji t-test dan Uji Manovamelalui bantuan aplikasi SPSS 21.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) ada pengaruh pengaruh strategi pembelajaran PQ4R tehadap motivasi siswa, yang ditunjukkan dari nilai sig. (2- tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 serta didukung dengan mean (rat-rata) pada kelas eksperimen (27 siswa) sebesar 130,78sedangkan pada kelas kontrol (28 siswa) memiliki mean (rata-rata) sebesar 114,32. (2) Ada pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa, ini ditunjukkan dari nilai sig. (2- tailed) yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 serta didukung dengan mean (rata-rata) hasil belajar pada kelas eksperimen sebsar 82,78 sedangkan pada kelas kontrol memiliki mean (rata-rata) hasil belajar sebesar 62.32. (3) Ada pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap motivasi siswa hasil belajar siswa, ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) pada uji manova untuk kemampuan berpikir analisis adalah 0,000 < 0,05 dan nilai sig. hasil belajar siswa adalah 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesi dapat diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163096 NUHA HAFIDHIEN NAUFAL
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:36
Last Modified: 13 Sep 2021 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22092

Actions (login required)

View Item View Item