PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NUR LAYLA FITRIANA, 12205173153 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Layla Fitriana, NIM 12205173153, pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses menanamkan nilai-nilai keagamaan yang tidak dapat terlepas dari pembentukan akhlakul karimah peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak disekolah, Dalam penanaman nilai-nilai keagamaan, guru menanamkan dua aspek keagamaan yaitu aspek ibadah dan aspek adab. Dalam hal ini MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung merupakan salah satu sekolah yang menanamkan nilai-nilai keagamaan dengan pembelajaran akidah akhlak dan menafaatkan progam sekolah sebagai pendukung dalam membentuk pribadi siswa yang beragama. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilainilai keagamaan aspek ibadah dalam pembelajaran akidah akhlak untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai keagamaan aspek adab dalam pembelajaran akidah akhlak untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data mengguanakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) pembelajaran berlangsung secara daring karena masih dalam keadaan pandemic covid-19. Menggunakan beberapa strategi yang berbeda-beda diantaranya strategi koreksi dan pengawasan, strategi pembiasaan. Menggunakan beberapa metode seperti nasihat, metode adat kebiasaan. Guru membiasakan murid berdoa sebelum belajar, membaca asmaul husna untuk kelas rendah dan shalat dhuha berjamaah (2) penanaman nilai-nilai keagamaan aspek adab berlangsung di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Para pendidik menggunakan strategi keteladanan, strategi hukuman, memberikan contoh yang baik, menceritakan kisah-kisah para nabi. Menggunakan beberapa metode pembelajaran yang berbeda-beda diantaranya: metode bercerita, metode keteladanan. Guru bermusyafakhah sebelum masuk kelas. Menggunakan pembelajaran akidah akhlak untuk membantu dalam pembentukan akhlak siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173153 NUR LAYLA FITRIANA
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:07
Last Modified: 13 Sep 2021 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22026

Actions (login required)

View Item View Item