UPAYA PENGUSAHA GENTENG LAMA DALAM MENJAGA KEBERLANGSUNGAN USAHA MENGHADAPI PESAING BARU DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek)

NOVIA DWI PUSPITA, 12101173043 (2021) UPAYA PENGUSAHA GENTENG LAMA DALAM MENJAGA KEBERLANGSUNGAN USAHA MENGHADAPI PESAING BARU DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Novia Dwi Puspita, 12101173043, Upaya Pengusaha Genteng Lama Dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha Menghadapi Pesaing Baru Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Prof. Dr. H. A. Hasyim Nawawi, S.H., M.Si. Kata Kunci: Upaya, Pengusaha Genteng, Keberlangsungan Usaha, Pesaing Baru, Etika Bisnis Islam Penelitian ini pada dasarnya dilatarbelakangi keingin tahuan peneliti atas upaya pengusaha genteng lama untuk menjaga keberlangsungan bisnisnya dalam menghadapi pesaing baru tepatnya di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Pengusaha genteng di desa tersebut sebagian besar adalah masyarakat sekitar bersama keluarga, namun tidak jarang juga dibantu oleh karyawan dari desa sekitar maupun anak pondok sebab lokasinya dekat dengan area pondok pesantren. Dilihat banyaknya masyarakat yang membuat genteng, maka tidak heran apabila masing-masing pengusaha lama maupun baru baik secara langsung maupun tidak, saling bersaing untuk menjadikan produknya lebih unggul. Fokus penelitian dalam kajian ini adalah: 1) Bagaimana upaya pengusaha genteng lama di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam menjaga keberlangsungan usaha menghadapi pesaing baru? 2) Bagaimana upaya pengusaha genteng lama di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam menjaga keberlangsungan usaha menghadapi pesaing baru ditinjau dari etika bisnis Islam?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya pengusaha genteng lama di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam menjaga keberlangsungan usaha menghadapi pesaing baru. 2) Untuk mengetahui upaya pengusaha genteng lama di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam menjaga keberlangsungan usaha menghadapi pesaing baru ditinjau dari etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara dengan pengusaha genteng lama di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, dan dokumentasi hasil observasi. Teknis analisis dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya pengusaha genteng lama dalam menjaga keberlangsungan usaha dalam menghadapi pesaing baru melakukan upaya strategi dengan menonjolkan mutu kualitas genteng selalu tetap dijaga. 2) Ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam pengusaha genteng lama di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek sebagian besar menerapkan etika bisnis tersebut, apa adanya dengan pembeli selalu bersifat jujur tidak membohongi pembeli dan tidak mengurangi takaran genteng tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101173043 NOVIA DWI PUSPITA
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:09
Last Modified: 10 Sep 2021 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22002

Actions (login required)

View Item View Item