NILAI MORAL DAN NILAI SOSIAL DALAM TEKS FABEL KARYA SISWA KELAS VII B MTsN 3 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NABILA NUR FADHILAH, 17210163048 (2020) NILAI MORAL DAN NILAI SOSIAL DALAM TEKS FABEL KARYA SISWA KELAS VII B MTsN 3 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (609kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Nilai Moral Dan Nilai Sosial Dalam Teks Fabel Karya Siswa Kelas VII B MTsN 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Nabila Nur Fadhilah, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, NIM 17210163048, Pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci : Nilai Moral Dan Nilai Sosial, Teks Fabel Karya Siswa Penelitian ini dilatar belakangi bahwa mereka ketika bertutur kata kepada sesama teman, kepada guru, serta sikap mereka kepada teman dan kepada guru masih menjadi kesamaan dalam proses berbicara mereka, dan mereka belum mampu membedakan bertutur kata dan bertingkah dengan teman dan dengan guru. Dalam hal ini peneliti membahas Nilai Moral dan Nilai Sosial dalam Teks Fabel Karya Siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimanakah nilai moral dan nilai sosial dalam teks fabel karya siswa kelas VII B MTsN 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dan nilai sosial dalam teks fabel karya siswa kelas VII B MTsN Kota Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan temuan, digunakan: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian : (1) nilai moral berupa adanya empati, saling memaafkan, rasa syukur, yakin bahwa kebaikan baik akan mendapatkan kebaikan dan sebaliknya, yakin akan ada pertolongan dari penciptanya jika ingin berdoa dengan sungguh-sungguh, rasa keadilan, rakus atau berlebih-lebihan, mengalahkan ego yang sombong, menepati perjanjian, berfikir dahulu sebelum bertindak, tidak boleh memfitnah, tidak boleh dendam terhadap teman, kelicikan yang membawa petaka, niat jahat akan membayar penyesalan, tidak boleh meremehkan dan saling menghina, tidak boleh iri dan dengki. (2) nilai sosial berupa adanya gotong-royong atau bekerja sama, tolong-menolong, membalas kebaikan dari kebaikan teman, hidup yang bermanfaat bagi orang lain, merelai teman yang bertengkar dengan membawa bukti yang sesungguhnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163048 NABILA NUR FADHILAH
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:21
Last Modified: 08 Sep 2021 04:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21880

Actions (login required)

View Item View Item