HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN FIQIH SECARA DALAM JARINGAN (DARING) SAAT PANDEMI COVID 19 DI MTsN 5 BLITAR

DIAH ROSITA SARI, 12201173466 (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN FIQIH SECARA DALAM JARINGAN (DARING) SAAT PANDEMI COVID 19 DI MTsN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Fiqih secara Dalam Jaringan (Daring) saat Pandemi Covid 19 di MTsN 5 Blitar” ini di tulis oleh Diah Rosita Sari dibimbing oleh Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: Dukungan Sosial Orang Tua, Motivasi Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh merebaknya penyebaran covid-19 di penjuru dunia mengakibatkan perubahan sosial yang berimbas pada penyesuaian proses kegiatan belajar mengajar. Persiapan yang belum baik mengakibatkan banyak kendala yang dihadapi terutama peserta didik karena kurangnya sosialisasi terkait daring maupun kesiapan alat oleh peserta didik. Orang tua memiliki peran yang besar selama kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah. Dukungan dan interaksi yang diberikan orang tua diharapkan mampu menunjang prestasi hasil belajar anak dan memotivasi belajar sebagai peserta didik dalam mengikuti pembelajaran fiqih secara daring ditengah wabah pandemi covid-19. Dukungan sosial yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sumber dukungan yang di dapat dari orang tua yang mengacu pada kenyamanan, kepedulian, serta bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran fiqih secara dalam jaringan (daring) saat pandemi covid-19 di MTsN 5 Blitar ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MTsN 5 Blitar. Sampel yang peneliti gunakan sebanyak 85 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan untuk variabel X dan Y adalah angket. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini antara lain tabulasi data, uji validitas dan reliabilitas data, deskripsi data, uji normalitas data, uji linearitas data, pengujian hipotesis, dan terakhir kesimpulan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar sebesar 0.516. Hal ini di dapat berdasarkan perhitungan korelasi melalui SPSS 16 dan hasilnya ialah korelasi nilai r_hitung kurang dari 0.01 yaitu p = 0.000 (p < 0.01). Maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar peserta didik. Adapun kategorisasi pada masing-masing variabel dalam penelitian ini berada dalam kategori sedang. Hubungan antara dukungan sosial orang tua dan motivasi belajar sebesar 0.516 terletak diantara 0.40 – 0.599. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang sedang antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran fiqih secara dalam jaringan (daring) saat pandemi covid-19 di MTsN 5 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173466 Diah Rosita Sari
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:55
Last Modified: 12 Nov 2021 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21841

Actions (login required)

View Item View Item