PERAN GURU DALAM MENGATASI VERBALL BULLYING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN PERSONAL SISWA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

ADE LIA VISKA RENA, 12205173169 (2021) PERAN GURU DALAM MENGATASI VERBALL BULLYING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN PERSONAL SISWA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Peran Guru dalam Mengatasi Verbal Bullying untuk Meningkatkan Kecerdasan Personal Siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung”, ini ditulis oleh Ade Lia Viska Rena. NIM. 12205173169) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Drs. Timbul, M.Pd.I Kata kunci : Verbal Bullying, Kecerdasan Personal Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fakta yang terjadi yaitu mengatasi verbal bullying dan meningkatkan kecerdasan personal pada peserta didik membutuhkan proses yang tidak singkat. Dibutuhkan waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun agar peserta didik dapat menghindari perilaku bullying dan juga dapat meningkatkan kecerdasan personal di Madrasah maupun diluar Madrasah. Kondisi semacam ini telah menumbuhkan inisiatif dan pemikiran dari guru agar semu peserta didik dapat menghindari perilaku yang negatif dan dapat meningkatkan kecerdasan personalnya. Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana bentuk Verball Bullying Siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 ?, 2) Bagaimana peran guru mengatasi Verball Bullying untuk meningkatkan kecerdasan Interpersonal siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 ?, 3) Bagaimana peran guru mengatasi Verball Bullying untuk meningkatkan kecerdasan Intrapersonal siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 ?, 4) Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat kecerdasan personal siswa di MI Daruh Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 ? Penelitian ini termasuk katagori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifatnya data termasuk dalam penelitian Kualitatif deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, trigulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informasi. Hasil penelitiannya adalah 1) Bentuk Bullying verbal di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung, diantaranya seperti antara siswa saling mengejek satu sama lain dengan memberi panggilan ejekan contohnya gendut, cengeng, dan nama orang tua. Namun, secara garis besar Bullying tersebut jarang terjadi di sekolah, lebih mengarah kepada gurauan namun dengan gaya bahasa tidak sopan. 2) Peran guru mengatasi Verball Bullying untuk meningkatkan kecerdasan Interpersonal siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu dengan peran guru membentuk suatu kegiatan kerja kelompok antar siswa agar siswa melakukan kegiatan interaksi dan diskusi antar siswa. Yang mana kegiatan ini harus dikuti oleh semua siswa agar semua siswa terlibat dalam kegiatan diskusi yang dibentuk oleh guru. 3) Peran guru mengatasi Verball Bullying untuk meningkatkan kecerdasan Intrapersonal siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu dengan peran guru mengikut sertakan peserta didik dalam ajang perlombaan, dan juga membuat tugas xix dan juga menyuruh siswanya untuk maju didepan kelas untuk menyampaikan hasil dari tugas yang sudah dikerjakan. Hal ini guru membangun kepercayaan diri pada peserta didik agar peserta didik memiliki percaya diri dan juga dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal peserta didik. 4) Faktor- faktor pendukung dan penghambat kecerdasan personal siswa di MI Daruh Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021. Faktor penghambat kecerdasan personal siswa antara lain karena ada faktor sosial keluarga, ada pengaruh handphone, sifat kejahilan peserta didik, dan juga kurangnya pendampingan peserta didik. Sedangkan faktor pendukungnya antara lain memotivasi peserta didik, menjalin kerukunan antar peserta didik, dan juga mendorong peserta didik untuk meningkatkan kecerdasan personal siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173169 Ade Lia Viska Rena
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:49
Last Modified: 28 Oct 2021 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21831

Actions (login required)

View Item View Item