EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS UNGGULAN DI MTsN KARANGREJO TAHUN AJARAN 2014/2015

akhmadi, fikri (2015) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS UNGGULAN DI MTsN KARANGREJO TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN DOKUMENTASI.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
NAMA GURU BIMBEL PAGI KELAS UNGGULAN.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
STRUKTUR ORGANISASI 2014.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Pengelolaan Kelas Unggulan di MTsN Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Fikri Al Akhmadi, NIM 3211113073, pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata kunci: Efektivitas, Pengelolaan Kelas, Kelas Unggulan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang ini dibuat untuk mengantisipasi tidak terlayaninya secara optimal peserta didik yang yang memiliki kebakatan dan kecerdasan yang tinggi sesuai potensi yang dimilikinya atau sebaliknya. Didalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Thn. 2003 disebutkan pada Bab IV bagian Kesatu Pasal 5 ayat 4 diamanat, “Warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak mendapatkan pendidikan khusus”. Selanjutnya pada Bab V pasal 12 Ayat 1 poin “b” menegaskan bahwa, “Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan layanan pendidikan sesuai bakat, minat, dan kemampuannya”. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pola rekrutmen input peserta didik pada kelas unggulan di MTsN Karangrejo.? (2) Bagaimana pengelolaan pembelajaran yang dikembangkan pada kelas unggulan di MTsN Karangrejo.? (3) Apa kendala yang dihadapi dan bagaimanakah cara mengatasinya dalam penyelenggaraan kelas unggulan di MTsN Karangrejo.? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengelolaan kelas unggulan di MTsN Karangrejo Tulungagung. Dalam penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara induktif dan deduktif. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa: 1. Pola rekrutmen input peserta didik pada kelas unggulan di MTsN Karangrejo menggunakan tes yang sifatnya berjenjang, dimulai dari tes tulis semua mata pelajaran kemudian dilanjutkan dengan tes lisan. 2. Pelaksanaan pembelajaran dikelas unggulan, dalam penyampaian materi belajar guru tidak monoton menggunakan ceramah seperti di kelas reguler. pembelajaran di kelas unggulan lebih banyak diskusi dan kerja kelompok. Dengan adanya fasilitas LCD proyektor pembelajaran di kelas unggulan lebih menarik, karena dengan adanya fasilitas ini guru lebih kreatif dalam menyampaikan materi kepada siswa. Sistem evaluasi di kelas unggulan sama dengan kelas reguler akan tetapi yang membedakan adalah KKMnya. KKM pada kelas unggulan 80, sedangkan untuk kelas reguler 75. Sistem evaluasinya meliputi ulangan harian, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester. 3. Kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan kelas unggulan di MTsN Karangrejo meliputi: Fasilitas belajar pada kelas unggulan yang ada sekarang hanya berupa LCD proyektor yang terkadang butuh biaya perawatan dan perbaikan; Masih ada siswa yang datang terlambat dengan berbagai alasan pada saat jam pelajaran kelas unggulan dimulai. Adapun cara yang ditempuh pihak madrasah untuk mengatasi kendala tersebut adalah: Biaya untuk perawatan dan perbaikan fasilitas tersebut biaya diambil dari swadaya guru-guru; Adanya bimbingan dan konseling diharapkan dapat membantu membimbing dan memberikan pengajaran kepada siswa yang sering datang terlambat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fikri fikri al akhmadi
Date Deposited: 17 Nov 2015 03:38
Last Modified: 17 Nov 2015 03:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item