Penggunaan Thariqah Mubasyarah dengan Media Visual Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung

Nurcholis, Ahmad (2014) Penggunaan Thariqah Mubasyarah dengan Media Visual Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text
sampol depan.docx

Download (74kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Thariqah Mubasyarah, Media Visual Gambar, Prestasi Belajar Bahasa Arab Salah satu indikator rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab ini adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan dengan masih banyaknya guru yang belum sadar pentingnya metode dan media mengajar yang tepat, serta banyak juga yang masih menggunakan metode ceramah saja selama proses pelajaran berlangsung tanpa ada variasi yang dilakukan sehingga kegiatan pembelajaran akan membosankan siswa, perhatian siswa berkurang, mengantuk akibatnya tujuan belajar tidak tercapai. Sehingga tidak menutup kemungkinan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab khususnya di MI Muhammadiyah Siyotobagus, Besuki, Tulungagung terkesan monoton/rendah. Untuk mengaktifkan atau memudahkan siswa dalam proses pembelajaran, Thariqah Mubasyarah dengan media visual gambarsangatlah tepat, karena metode ini dapat mendorong siswa aktif dalam pembelajaran untukmencapai prestasi yang maksimal. Masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan Thariqah Mubhasyarah dengan media visual gambar untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab pokok bahasan Al-Alwanu pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar Bahasa Arab setelah dilakukan penggunaan Thariqah Mubhasyarah dengan media visual gambar dapat meningkat pokok bahasan Al-Alwanu pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitihan ini untuk mendiskripsikan, menganalisis dan memberi interprestasi terhadap: (1) Penggunaan metode langsung (Thariqah Mubhasyarah) dan media visual gambar dalam meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab pokok bahasan Al-Alwanu siswa kelas III MI Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung. (2) Prestasi belajar Bahasa Arab pokok bahasan Al-Alwanu, setelah penerapan Thariqah Mubasyarah dengan media gambar diterapakan siswa kelas III MI Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung. Manfaat yang diperoleh dari peneliti ini bagi Kepala MI Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung sebagai acuan/referensi dalam menyusun xvii program pembelajaran bagi sekolah, Sebagian motivasi untuk menyediakan sarana dan prasarana sekolah untuk terciptanya pembelajaran yang optimal. Bagi guru sebagai suatu pertimbangan dalam menentukan strategi pembelajaran sehingga dapat memilih dengan tepat metode pembelajaran. Bagi siswa Membantu siswa dalam memahami materi, khususanya penggunaan metodelangsung (Thariqah Mubasyarah) denganmedia visual gambar yang sesuai dengan materi yang dipelajari. Bagi penelitian yang akan datang, Memberikan informasi tentang manfaatlangsung (Thariqah Mubasyarah)dan media visual gambaruntuk meningkatkan prestasibelajar pelajaran bahasa arab. Untuk mencapai tujuan yang sudah dijelaskan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas.Proses pelaksanaannya sendiri meliputi : (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Metode tes digunakan untuk memperoleh data berupa prestasi belajar siswa. Metode observasi digunakan untuk mengamati kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode wawancara dan angket digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan Thariqah Mubasyarah dengan media visual gamabar. Metode dokumentasi digunakan untuk memperkuat penelitian dengan foto-foto, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan Thariqah Mubasyarah dengan media gambar akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Thariqah Mubasyarah dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa meningkat dapat dilihatdari nilai post test. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang semula siswa 48,2 (pre test), meningkat menjadi 71,27 (post test siklus 1), dan meningkat lagi menjadi 85,81 (post test siklus 2). Selain itu, peningkatan prestasi belajar belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar. Terbukti dengan presentasi ketuntasan belajar pre test (18,2%) meningkat pada post test siklus 1 (54,54%), dan meningkat lagi pada post test siklus 2 (90,9%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penggunaan Thariqah Mubasyarah dengan media visual gambar dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arabsiswa kelas III MI Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2014 08:19
Last Modified: 01 Dec 2014 08:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item