PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT NUSANTARA UMAT MANDIRI DAN BMT SINAR AMANAH TULUNGAGUNG

SASKIA TRI RAHMAWATI, 12401173380 (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT NUSANTARA UMAT MANDIRI DAN BMT SINAR AMANAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Emosional Terhadap Kepuasan Anggota Pembiayaan Murabahah di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Sinar Amanah Tulungagung” ini ditulis oleh Saskia Tri Rahmawati NIM 12401173380, Pembimbing: Ahmad Syaichoni, M.Sy Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya untuk meningkatkan asset dan jumlah nasabah. Hal utama yang harus diprioritaskan adalah variabel kepuasan nasabah atau anggota dalam menerima pelayanan, memberikan kualitas produk, dan menjagaemosional nasabah. Hal tersebut agar nasabah dapat bertahan dan pada akhirnya akan menarik minat nasabah maupun calon nasabah untuk membeli produk dan melakukan transaksi di BMT. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Sinar Amanah. (2) Untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Sinar Amanah. (3) Untuk menguji pengaruh emosional terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Sinar Amanah. (4) Untuk menguji pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan emosional terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Sinar Amanah. (5) Untuk menguji perbedaanpengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan emosional terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah antara BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Sinar Amanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengumpulan data melalui data primer menggunakan instrument angket, observasi, dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian berjumlah 261terdiri atas95 respondenBMT Nusantara Umat Mandiri dan 166 respondenBMT Sinar Amanah. Jumlah sampel sebanyak sebesar 77 responden BMT Nusantara Umat Mandiri dan 117 responden BMT Sinar Amanah. Teknik Analisis Data menggunakan Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesi, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikanterhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah. (3) Emosionalberpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah. (4) Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan emosional berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah. (5) Terdapat perbedaanpengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan emosional terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah antara BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Sinar Amanah. Pada hasil koefisien determinasi dan Uji F menunjukan nilai lebih besar BMT Nusantara Umat Mandiri dari pada BMT Sinar Amanah. Kata kunci: kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, kepuasan anggota.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173380 SASKIA TRI RAHMAWATI
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:56
Last Modified: 06 Sep 2021 02:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21780

Actions (login required)

View Item View Item