IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR

ALFRESTA CHASANAH DEWI, 12201173425 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Religius di SMPN 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Alfresta Chasanah Dewi, NIM 12201173425, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Taribyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh: Nuryani Kata kunci: Pendidikan Karakter, Budaya Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana keadaan zaman sekarang yang sedang aktual adalah pendidikan karakter yang dipengaruhi oleh budaya religius karena moral anak zaman milenial sekarang sungguh amat sangat memprihatinkan, yang disebabkan oleh pengaruh globalisasi utamanya dalam bidang teknologi digital melalui alat-alat elektronik dimana kids zaman now begitu sangat mudah untuk mengakses perilaku dan budaya dari asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah pendidikan karakter sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai keagamaan secara menyeluruh melalui budaya religius di suatu lembaga pendidikan. Semua itu untuk membentengi pengaruh budaya luar yang bisa merusak mental moral anak mudah Indonesia. Maka dari itu peneliti mengambil tema penanaman pendidikan karakter melalui budaya religius. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tujuan implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SMPN 1 Srengat Blitar? (2) Bagaimana proses implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SMPN 1 Srengat Blitar? (3) Bagaimana hambatan dan solusi implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SMPN 1 Srengat Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tujuan implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SMPN 1 Srengat Blitar (2) Untuk mengetahui proses implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SMPN 1 Srengat Blitar (3) Untuk mengetahui hambatan dan solusi implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SMPN 1 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi study kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di SMPN 1 Srengat Blitar, yaitu, (1) Membentuk karakter religius pada peserta didik, sehingga diharapkan antara iman dan taqwa memiliki keseimbangan (2) Mengoptimalkan visi misi dan tujuan sekolah untuk meningkatkan perilaku yang positif peserta didik (3) Melahirkan kualitas peserta didik menjadi unggul tidak hanya dalam aspek kognitif, melainkan juga mengenai karakternya (4) Menanamkan kedisiplinan peserta didik. Proses penerapan pendidikan karakter melalui budaya religius diantaranya yaitu: (1) Kegiatan shalat berjamaah (2) Membaca dan Menghafal Al-Qur’an (3) Kegiatan kajian Islami (4) Kegiatan Jum’at beramal. Adapun hambatan dan solusi dari impelemntasi pendidikan karakter melalui budaya religius, yaitu: (1) Minimnya fasilitas tempat ibadah (2) Minimnya kemampuan peserta didik dalam membaca al-Qur’an (3) Lemahnya kedisiplinan shalat berjamaah (d) Kemalasan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173425 ALFRESTA CHASANAH DEWI
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:12
Last Modified: 28 Oct 2021 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21686

Actions (login required)

View Item View Item