PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MIN 7 TULUNGAGUNG

ZULFIA WAHIDATUL UMMAMI, 12205173071 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembejaran Kooperatif Tipe SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Zulfia Wahidatul Ummami, NIM. 1220517307, dengan pembimbing Dr. H. M. Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran saat ini yang masih menggunakan metode dan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Hal ini mempengaruhi minat siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran serta hasil belajar yang mereka peroleh terkhusus di MIN 7 Tulungagung. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R diharapkan dapat membantu siswa dalam kemampuan membacanya serta menumbuhkan daya minat siswa terhadap membaca. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu Pertama, adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 7 Tulungagung? Kedua, berapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 7 Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan pemberian soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan uji effect size yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat, yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji signifikansi. Hasil analisis data yang diperoleh dari nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 78 dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 92,8. Uji nilai thitung, yang dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,714 dengan taraf signifikan 0,05 (5%) menghasilkan nilai thitung = 7,561, yang artinya nilai thitung > ttabel menyatakan menolak Ho dan menerima Ha. Selain itu, nilai yang diperoleh dari Sig.= 0,00 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji effect size yang diperoleh dengan penghitungan cara Cohen’s adalah 0,58 dalam rentang antara 0,50 sampai dengan 0,80 dan masuk kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MIN 7 Tulungagung. Pengaruh yang ditimbulkan terhadap siswa tidak begitu besar karena keterbatasan penyampaian model pembelajaran akibat pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan). Model tersebut hanya mempengaruhi siswa sebesar 58%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173071 Zulfia Wahidatul Ummami
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:48
Last Modified: 31 Aug 2021 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21672

Actions (login required)

View Item View Item