PEMANFAATAN SMARTPHONE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MUHAMMADIYAH PUCANGANAK TUGU TRENGGALEK

SUFTI IIS ISLAMIATI, 12205173170 (2021) PEMANFAATAN SMARTPHONE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MUHAMMADIYAH PUCANGANAK TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Internet melalui Pemanfaatan Smartphone dalam Pembelajaran Tematik di MI Muhammadiyah Pucanganak Tugu Trenggalek” ini ditulis oleh Sufti Iis Islamiati, NIM 12205173170 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021. Dosen pembimbing: Rahmawati Mulyaningtyas, M. Pd., NIP. 198906122020122012. Kata Kunci : Media Berbasis Internet, Pemanfaatan Smartphone Konteks penelitian didasari kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak dalam penggunaan smartphone. Hal ini selaras dengan latar belakang orang tua anak yang berbeda-beda. Maka untuk mengurangi fenomena tersebut diperlukan pengawasan yang lebih ketat dan bimbingan dari orang tua atau keluarga mengenai hal apa saja yang perlu dikunjungi saat menggunakan internet pada smartphone agar anak tidak menyalahgunakan penggunaan smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis internet melalui pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran Tematik di MI Muhammadiyah Pucanganak. 2. untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis internet melalui pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran Tematik di MI Muhammadiyah Pucanganak. 3. untuk mendeskripsikan sistem evaluasi pada penerapan media pembelajaran berbasis internet melalui pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran Tematik di MI Muhammadiyah Pucanganak. 4. untuk mendeskripsikan dampak positif dan negatif pada penerapan media pembelajaran berbasis internet melalui pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran Tematik di MI Muhammadiyah Pucanganak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti dari tanggal 20 November 2020 sampai 8 April 2021. Lokasi penelitian: MI Muhammadiyah Pucanganak Tugu Trenggalek, sumber data: person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. perencanaan pembelajaran media berbasis internet antara lain mempersiapkan RPP, prota, promes, kalender akademik, buku guru, buku siswa, absensi peserta didik, jurnal mengajar, media ajar, video pembelajaran, dan lembar penilaian. 2. pelaksanaan pembelajarannya diawali dengan pengucapan salam dan doa melalui video pembelajaran. Setelah itu Bapak/Ibu guru menjelaskan materi yang akan dipelajari. Dan yang terakhir pemberian tugas serta penutupan pembelajaran. 3. sistem evaluasinya yaitu penilaian aspek sikap peserta didik dilihat dari keaktifan peserta didik di WhatsApp group. Penilaian aspek pengetahuan dilihat dari hasil pengerjaan tugas peserta didik, UH, UTS, dan UAS. Dan penilaian keterampilan siswa dilihat dari tugas membuat video bernyanyi, membuat patung dari koran, menggambar, dan lain sebagainya. 4. dampak positifnya antara lain peserta didik jadi lebih banyakwaktu berkumpul dengan keluarga dan wawasan belajar peserta didik menjadi lebih luas. Sedangkan dampak negatifnya yaitu peserta didik menjadi kurang bersosialisasi dengan teman dan ada beberapa peserta didik yang menyalahgunakan penggunaan internet untuk game online.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17705173170 Sufti Iis Islamiati
Date Deposited: 06 Sep 2021 08:08
Last Modified: 06 Sep 2021 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21660

Actions (login required)

View Item View Item