PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO BLITAR

RAHMA TRIMUKTI MAHANANI, 12505194019 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis E Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI di MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar” Ini Ditulis Oleh Rahma Trimukti Mahanani, NIM. 12505194019 dengan dosen pembimbing Dr. H Nur Efendi, M.Ag dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd Kata Kunci: Pengembangan Multimedia Interaktif, E-Learning, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyajian media dalam bentuk cetak yang masih dianggap kurang menarik, karena cenderung membosankan dalam pembelajaran IPA. Untuk itu diperlukan adanya terobosan baru dalam penyajian materi dengan ringkasan yang menarik. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif diharapkan mampu memberikan kontribusi baru dalam pembelajaran, sehingga peserta didik tertarik untuk belajar menggunakan media tersebut. Penggunaan Multimedia interaktif berdampak pada peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa. Proses pembelajaran dengan menggunakan media ini mampu mengakomodasi karakteristik dan gaya belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan multimedia interaktif berbasis e-learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Tata Surya kelas VI di MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar? Bagaimana efektifitas penggunaan multimedia interaktif berbasis e-learning dalam meningkatkan hasil belajar kelas VI di MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar? Tesis ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif berbasis e-learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Tata Surya kelas VI di MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. (2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis e-learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas VI di MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Langkah langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) analisis kebutuhan; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) uji coba produk; (6) revisi produk; (7) uji coba produk; (8) revisi produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penilaian yang berikan oleh ahli media dan ahli materi bahwa multimedia interaktif berbasis e-learning layak digunakan dalam proses pembelajaran. Baik secara online maupun secara langsung atau tatap muka. Tujuan dari pengembangan multimedia interaktif berbasis e-learning ini untuk meningkatkan hasil belaajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikaan melalui hasil pretest dan postest dari peserta didik. (2) Media pembelajaran multimedia interaktif layak digunakan berdasarkan pada hasil dari validasi dari para ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil uji dari ahli media mendapatkan skor rata-rata 88,9% dari ahli media pertama dan 88,9% dan pada aspek komponen efisiensi dan efektivitas media mendapatkan skor rata-rata 87,5% dari ahli media pertama dan 93,7% dari ahli media yang kedua. Kemudian hasilvalidasi materi dalam media pembelajaran yang dikembangkan dari ahli materi pada aspek komponen kesesuaian multimedia interaktif berbasis e-learning dengan kurikulum memperoleh skor rata-rata sebesar 80%, aspek kesesuaian penyajian memperoleh nilai rata-rata sebesar 80%, aspek penyajian memperoleh skor rata rata 87,5%. Data tersebut menunjukkan bahwa materi yang terdapat dalam multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan layak untuk dipergunakan dalam proses kegiatan pembelajaran dengan sedikit revisi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505194019 RAHMA TRIMUKTI MAHANANI
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:41
Last Modified: 31 Aug 2021 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21654

Actions (login required)

View Item View Item