STRATEGI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung dan SD Inovatif Aisyiyah Kedungwaru)

LAYYIN ADZQIA ANWAR, 12505184020 (2020) STRATEGI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung dan SD Inovatif Aisyiyah Kedungwaru). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Layyin Adzqia Anwar, Dosen Pembimbing Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd dan Dr. H. Muhammad Zaini, M.A: Strategi Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Multi Situs di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung dan SD Inovatif Aisyiyah Kedungwaru). Tesis Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah, IAIN Tulungagung, 2020. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif mind mapping, prestasi belajar. Rendahnya prestasi belajar anak Sekolah Dasar dapat dikarenakan oleh adanya beberapa gejala-gejala yang mampu mempengaruhi tingkat prestasi hasil belajar anak Sekolah Dasar. Salah satunya karena tidak berkonsentrasinya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Dengan adanya fenomena tersebut, maka dilakukanlah beberapa penelitian untuk mengatasi fenomena tersebut dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Mind Mapping terhadap aktivitas dan prestasi hasil belajar anak didik. Peneliti melakukan penelitian di sekolah yang sudah benar-benar menerapkan pembelajaran tersebut yaitu di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung dan SD Inovatif Aisyiyah Kedungwaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: 1) Perencanaan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping pada Peserta didik, 2) Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping dapat Meningkatkan Prestasi belajar Peserta didik, 3) Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Prestasi belajar Peserta didik di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung dan SD Inovatif Aisyiyah Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan penelitian multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan mulai analisis data kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Perencanaan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping pada Peserta didik dapat dilakuakan dengan mengorganisasi pengorganisasian peserta didik secara heterogen (dalam satu kelompok meliputi siswa yang mampu, sedang, dan kurang), dan pembentukan kelompok diskusi tidak harus dilakukan setiap hari melainkan disesuaikan dengan kebutuhan materi suatu pembelajaran yang mengharuskan pelajaran tersebut untuk berdiskusi, 2) Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping dapat Meningkatkan Prestasi belajar Peserta didik dapat dilakukan dengan penyampaian isi pelajaran yang telah dirancang oleh guru kelas terlebih dahulu, dan menggunakan metode serta media yang tepat serta sesuai dengan materi yang disampaikan. Untuk kelas atas siswa telah mampu membuat peta konsep tentang materi yang telah diajarkan oleh pendidik. Sebelum diskusi pembelajaran dimulai peserta didik diberi kesempatan untuk membuat peta konsep semenarik mungkin, yang tujuannya dapat mempermudah dalam memahami suatu materi pembelajaran, 3) Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Prestasi belajar Peserta didik dapat dilakukan dengan dengan penjadwalan mengenai penggunaan media yang tepat dengan materi yang diajarkan, penerapan metode mind mapping, alokasi waktu yang digunakan dalam belajar. Catatan kemajuan belajar bisa diperoleh saat proses pembelajaran maupun ketika evaluasi. Dari catatan kemajuan belajar tersebut guru bisa mengevaluasi kelebihan dan juga kekurangan peserta didik kemudian bisa untuk memberikan motivasi peserta didik agar lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, tak lupa dengan pemberian motivasi kepada siswa agar lebih giat dalam belajar. Kontrol belajar yang mencangkup kebebasan peserta didik dalam berpendapat, terdapat korelasi antara siswa dengan media dan juga guru harus dikelola dengan baik agar proses pembelajaran kooperatif model mind mapping benar-benar menjadi strategi pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184020 LAYYIN ADZQIA ANWAR
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:00
Last Modified: 02 Sep 2021 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21592

Actions (login required)

View Item View Item