UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 1 UDANAWU BLITAR

UMAMI, IRMA TRI (2015) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
awal.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I clear.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB II clear.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
BAB III clear.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV clear.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V clear.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Form konsultasi.pdf

Download (23kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (331kB)
[img] Text
laporan selesai skripsi.pdf

Download (21kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (7kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar” ini di tulis oleh Irma Tri Umami, NIM. 3211113094, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan pembimbing Drs. H. Munardji, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena kemerosotan moral yang dialami oleh banyak pelajar yang jauh dari nilai etika dan nilai-nilai ajaran agama Islam. Dalam hal ini peneliti menghubungkan upaya yang diterapkan guru untuk menanaman karakter religius kepada siswa di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dalam hal ini fokus penelitiannya adalah (1) Upaya apa yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar? (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya menanamkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar. (2) Untuk menganalisis faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya menanamkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar. Penelitian ini bermanfaat bagi kepala sekolah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang memiliki siswa berkarakter religius, bagi guru untuk mengetahui sejauh mana hasil pendidikan yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti pendidikan karakter religius, bagi peneliti untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap serta pengalaman sebagai upaya penanaman Pendidikan Agama Islam melalui karakter religius, bagi peneliti selanjutnya sebagai bahan pertimbangan atau referensi dan kajian pada penelitian selanjutnya. Bagi perpustakaan sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan bagi mahasiswa lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan dengan teknik pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan yakni interview mendalam kepada kepala sekolah, waka kurikulum, beberapa guru, karyawan dan beberapa siswa SMP Negeri 1 Udanawu Blitar, observasi mengenai kegiatan-kegiatan aplikasi pendidikan karakter religius di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar dan dokumentasi mengenai dokumen-dokumen yang berkaitan dengan upaya penanaman karakter religius oleh guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar sudah baik. Upaya tersebut terdiri dari tradisi senyum, sapa dan salam, penggunaan baju tertutup saat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, membaca surat pendek dan tahlil sebelum memulai pelajaran, sholat dhuhur berjamaah, ekstra keagamaan sholawat, ekstra keagamaan BTQ (Baca Tulis Qur’an), peringatan hari besar keagamaan, nasihat dan motivasi sebelum dan sesudah pelajaran, pendekatan secara individu kepada siswa, hukuman yang mendidik bagi mereka yang melanggar dan hadiah bagi mereka yang berprestasi. Faktor pendukung dalam penanaman karakter religius antara lain kebijakan kepala sekolah, wali murid, guru beserta karyawan dan dinas pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari media massa dan teman sejawat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IRMA TRI UMAMI
Date Deposited: 25 Nov 2015 03:13
Last Modified: 25 Nov 2015 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item