PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DI SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN AJARAN 2020/2021

DEVY LILAWATI MANSUR, 12204173226 (2021) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DI SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (562kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Devy Lilawati Mansur, NIM. 12204173226, Pembimbing Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Hasil Belajar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga mereka kurang menguasai pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran siswa tentang pentingnya pembelajaran matematika dan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Dengan adanya disposisi matematis inilah akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021 , (2) Untuk mengetahui mengetahui seberapa besar pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian ex-post facto korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Regresi Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021 . Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis statistik dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Fhitung = 14,009 dan nilai Ftabel(0,05) = 4,13. Sehingga disimpulkan H0 ditolak karena Fhitung > Ftabel dan besarnya signifikansi 0,001 < 0,05. (2) Besarnya pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021 adalah 29,2% dan untuk sisanya sebesar 70,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173226 DEVY LILAWATI MANSUR
Date Deposited: 30 Aug 2021 08:39
Last Modified: 30 Aug 2021 08:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21581

Actions (login required)

View Item View Item