PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

WINDA TRIYANA, 12201173438 (2021) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Winda Triyana, 12201173438, 2021, “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Darul Hikmah Tulungagung”. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil. I. Kata Kunci : Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya teori yang dikemukakan Oemar Hamalik terkait dengan pemakaian media pembelajaran audio visual dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Terkait teori tersebut peneliti hendak menguji teori tersebut pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung. Adapun pertimbangan pemilihan lokasi penelitian ini karena pembelajaran Sejarah Kebudayaan di MTs Darul Hikmah Tulungagung Guru masih sering menggunakan pendekatan teacher centered, walaupun beberapa kali juga menerapkan pendekatan student centered namun peserta didik masih pasif. Pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah juga sering menggunakan media pembelajaran seperti lembar kerja peserta didik, dan lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih media pembelajaran yang dipakai karena karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung? (2)Adakah pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung? (3) pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik menggunakan nonprobability sampling. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas VIII MTs Darul Hikmah Tulungagung. Dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII B dan VIII C yang berjumlah 65 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 15 pertanyaan dan tes dengan jumlah item 20 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan uji T dan Manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dengan bantuan SPSS 21. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji T angket motivasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig.< 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung , (2) Hasil uji T post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,001. Nilai Sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung, (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini media audio visual berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173438 Winda Triyana
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:53
Last Modified: 30 Aug 2021 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21575

Actions (login required)

View Item View Item